Peran Content Creator di PT Southern Tristar

Kesya Tomira, Natasha (2025) Peran Content Creator di PT Southern Tristar. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (421kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (198kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (199kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (526kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (163kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf

Download (51kB)

Abstract

Latar Belakang pemilihan tempat magang di industri manufaktur untuk memahami dunia kerja secara langsung. Tujuan dari kerja magang ini adalah untuk memahami proses kerja seorang Social Media Content Creator, mulai dari tahap perencanaan hingga pelaksanaan tugas yang kompleks dan menerapkan ilmu komunikasi strategis dari perkuliahan ke dalam praktik kerja magang secara menyeluruh dan terintegrasi. Perusahaan yang menjadi tempat kerja magang adalah perusahaan manufaktur yang bergerak dibidang produksi studbolt untuk berbagai sektor dengan tim berpengalaman dan memiliki jaringan industri yang luas. Posisi yang dipilih dalam aktivitas magang adalah Social Media Content Creator yang ada dalam Departemen Business Development & Marketing. Deskripsi pekerjaan Social Media Content Creator adalah membuat ide dan perencanaan konten serta mengeksekusinya dalam bentuk laporan magang ini agar dapat dijadikan dokumentasi sekaligus evaluasi kerja. Konsep yang digunakan dalam laporan magang ini adalah konsep Content is King menurut (Chaffey & Mill, 2012, #), konsep tentang Brainstorming (Rosmiati, 2013, #), konsep tentang copywring menurut (Ariyadi, 2020, #), konsep tentang Content Planner menurut (Crocker, 2017, #), yang semuanya saling mendukung dalam membangun strategi konten yang efektif. Kendala utama dalam proses kerja magang adalah kesulitan menemukan solusi inovatif saat brainstorming dan perbedaan antara pembelajaran editing foto di perkuliahan dengan praktik editing video dilapangan yang membutuhkan adaptasi dan improvisasi cepat. Setelah dilakukan aktivitas magang selama enam ratus empat puluh jam, didapatkan kesimpulan yaitu alur kerja content creator di PT Southern Tristar melibatkan brainstorming, perencanaan, pembuatan, dan pengeditan konten, dengan penerapan kuat dari ilmu perkuliahan seperti strategi kreatif, perencanaan Social Media, dan editing digital.

Item Type: Thesis (MBKM)
Keywords: manufaktur studbolt, Social Media, Content Creator
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 16 Jul 2025 13:16
Last Modified: 16 Jul 2025 13:16
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/38914

Actions (login required)

View Item View Item