Naufal, Mohamad (2025) Perancangan Aset 3D untuk GIM di PT Swakarya Intelegensia Muda Prolifik. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
![]() |
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (959kB) |
![]() |
PDF
BAB_I.pdf Download (371kB) |
![]() |
PDF
BAB_II.pdf Download (632kB) |
![]() |
PDF
BAB_III.pdf Download (4MB) |
![]() |
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (368kB) |
![]() |
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (264kB) |
![]() |
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf Download (52kB) |
Abstract
Magang adalah aktivitas dimana seorang pelajar atau trainee menempuh proses untuk mengaplikasikan ilmu serta mendapatkan pengalaman bekerja dalam Industri. Faenite adalah sebuah studio game yang dibangun dibawah PT. Swakarya Intelegensia Muda Prolifik. Studio ini sekarang sedang mengembangkan game pertama mereka. Sebagai pemagang di studio, penulis berperan sebagai 3D Artist, yang bertugas membuat aset tiga dimensi dari konsep yang diberikan. Terdapat dua jenis pendekatan yang digunakan penulis dalam membuat aset 3D. Secara umum, tahapan dalam tiap pendekatan terdiri dari modeling dan texturing. Untuk aset properti, proses modeling dilakukan dengan membuat model poligon rendah dan tinggi. Detail pada model poligon tinggi kemudian disematkan melalui tekstur ke model poligon rendah menggunakan teknik baking. Penambahan detail dalam texturing kemudian dilakukan dengan memodifikasi tekstur yang didapat dari teknik baking. Dalam proses aset lingkungan, cukup dibuat model poligon rendah yang teroptimasi. Sejumlah tekstur kemudian dibuat sebelum dipetakan ke model gedung yang dibuat. Kedua prosedur tersebut digunakan oleh penulis dalam merancang semua aset tiga dimensi. Semua tugas penulis dikerjakan setiap hari kerja dari pukul 8 pagi hingga 5 sore secara WFH (work from home). 640 Jam magang ditempuh penulis dari tanggal 21 Januari 2025 hingga 2 Juni 2025, dengan kontrak kerja hingga 21 Juni 2025. Dari pengalaman magang ini, penulis belajar banyak hal teknis mengenai pembuatan aset tiga dimensi untuk gim serta softskill yang dibutuhkan dalam pengembangan gim dalam lingkup tim.
Item Type: | Thesis (MBKM) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan Gim, 3D Generalist, Aset Stylized, Modeling, Texturing, Industri Gim, Studio Gim |
Subjects: | ?? N1 ?? |
Divisions: | Faculty of Art & Design > Visual Communication Design |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 21 Jul 2025 13:02 |
Last Modified: | 21 Jul 2025 13:02 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/39113 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |