Aktivitas Marketing Communication Dinas Komunikasi & Informatika Kota Tangerang

Fathan Faris Kasyfillah Amna, Muhammad (2025) Aktivitas Marketing Communication Dinas Komunikasi & Informatika Kota Tangerang. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (764kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (254kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (371kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (898kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (197kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (932kB)
[img] PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf

Download (53kB)

Abstract

Pelaksanaan magang di Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Tangerang, khususnya pada Divisi Marketing Communication Tangerang TV, memberikan pengalaman langsung kepada penulis dalam pengelolaan komunikasi publik di lingkungan pemerintahan. Instansi ini dipilih karena perannya yang strategis dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat melalui pendekatan digital yang kreatif dan adaptif. Penulis terlibat dalam berbagai kegiatan, seperti media monitoring harian, peliputan promosi UMKM melalui program "Liputan Swasta," kerja sama promosi dengan sektor perhotelan dan budaya lokal, serta kolaborasi lintas divisi dalam produksi konten digital. Selama pelaksanaan magang, penulis menerapkan konsep media monitoring untuk menganalisis pemberitaan dan eksposur kegiatan pemerintah, serta database marketing untuk menyusun dan memperbarui data pelaku UMKM yang menjadi target program promosi. Konsep-konsep ini berkaitan erat dengan mata kuliah Media Relations, yang memberikan pemahaman dalam membangun hubungan dengan media, serta Direct Marketing & Customer Relationship Management, yang menekankan pentingnya pengelolaan data dan komunikasi langsung dengan publik sasaran. Melalui penerapan konsep tersebut, penulis memperoleh pemahaman praktis mengenai strategi komunikasi publik dan meningkatkan keterampilan dalam riset, penyusunan laporan, dan pengelolaan relasi di lingkungan pemerintahan.

Item Type: Thesis (MBKM)
Keywords: Komunikasi publik, media monitoring, UMKM, Tangerang TV, database marketing.
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 23 Jul 2025 13:04
Last Modified: 23 Jul 2025 13:04
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/39176

Actions (login required)

View Item View Item