Studi Pemaknaan Gen Z di Jakarta sebagai Pengguna Paylater di E-Commerce

Rio Setiawan, Nathanael (2025) Studi Pemaknaan Gen Z di Jakarta sebagai Pengguna Paylater di E-Commerce. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (852kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (911kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (793kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (624kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (641kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Seiring berkembangnya gaya hidup digital, perusahaan terus berinovasi untuk menciptakan layanan belanja terbaik kepada konsumennya. Salah satunya yakni integrasi fitur paylater di berbagai e-commerce, yang memungkinkan konsumen untuk memperoleh barang tanpa langsung membayar. Popularitas fitur paylater, pada akhirnya mendorong kalangan masyarakat untuk semakin konsumtif; termasuk Gen Z dengan karakteristiknya yang mengutamakan kemudahan dalam memperoleh jasa dan barang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemaknaan Gen Z di Jakarta, terkait penggunaan paylater di e-commerce, sebagai konstruksi fenomena gaya hidup Gen Z. Jenis dan sifat penelitian ini adalah kualitatif- deskriptif, dengan metode fenomenologi deskriptif untuk menjabarkan pemaknaan Gen Z secara mendalam. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara dan dianalisis menggunakan konsep fenomenologi, Human Computer Interaction, e-commerce, paylater, gaya hidup konsumtif, dan Gen Z. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa paylater tidak hanya dimaknai sekadar alat bayar, tetapi sebagai solusi darurat dalam memenuhi kebutuhan mendesak. Pemaknaan tersebut terbentuk berdasarkan esensi pengalaman informan dalam menggunakan paylater dan gaya hidup yang terbentuk. Dengan demikian, diharapkan hasil penelitian dapat memberikan wawasan mendalam bagi Gen Z yang ingin menggunakan paylater, agar dapat menggunakan secara bijak.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: e-commerce, paylater, Generasi Z, gaya hidup, fenomenologi.
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 26 Jul 2025 11:03
Last Modified: 26 Jul 2025 11:03
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/39314

Actions (login required)

View Item View Item