Rio Setiawan, Nathanael (2025) Studi Pemaknaan Gen Z di Jakarta sebagai Pengguna Paylater di E-Commerce. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
![]() |
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (1MB) |
![]() |
PDF
BAB_I.pdf Download (852kB) |
![]() |
PDF
BAB_II.pdf Download (911kB) |
![]() |
PDF
BAB_III.pdf Download (793kB) |
![]() |
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
PDF
BAB_V.pdf Download (624kB) |
![]() |
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (641kB) |
![]() |
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Seiring berkembangnya gaya hidup digital, perusahaan terus berinovasi untuk menciptakan layanan belanja terbaik kepada konsumennya. Salah satunya yakni integrasi fitur paylater di berbagai e-commerce, yang memungkinkan konsumen untuk memperoleh barang tanpa langsung membayar. Popularitas fitur paylater, pada akhirnya mendorong kalangan masyarakat untuk semakin konsumtif; termasuk Gen Z dengan karakteristiknya yang mengutamakan kemudahan dalam memperoleh jasa dan barang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemaknaan Gen Z di Jakarta, terkait penggunaan paylater di e-commerce, sebagai konstruksi fenomena gaya hidup Gen Z. Jenis dan sifat penelitian ini adalah kualitatif- deskriptif, dengan metode fenomenologi deskriptif untuk menjabarkan pemaknaan Gen Z secara mendalam. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara dan dianalisis menggunakan konsep fenomenologi, Human Computer Interaction, e-commerce, paylater, gaya hidup konsumtif, dan Gen Z. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa paylater tidak hanya dimaknai sekadar alat bayar, tetapi sebagai solusi darurat dalam memenuhi kebutuhan mendesak. Pemaknaan tersebut terbentuk berdasarkan esensi pengalaman informan dalam menggunakan paylater dan gaya hidup yang terbentuk. Dengan demikian, diharapkan hasil penelitian dapat memberikan wawasan mendalam bagi Gen Z yang ingin menggunakan paylater, agar dapat menggunakan secara bijak.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | e-commerce, paylater, Generasi Z, gaya hidup, fenomenologi. |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 26 Jul 2025 11:03 |
Last Modified: | 26 Jul 2025 11:03 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/39314 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |