Patricia Jaya Pratama, Ineta (2025) Dampak Pola Asuh Otoriter terhadap Pembentukan Komunikasi Interpersonal Anak kepada Orang Tua. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
![]() |
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (883kB) |
![]() |
PDF
BAB_I.pdf Download (515kB) |
![]() |
PDF
BAB_II.pdf Download (401kB) |
![]() |
PDF
BAB_III.pdf Download (382kB) |
![]() |
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (277kB) |
![]() |
PDF
BAB_V.pdf Download (194kB) |
![]() |
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (282kB) |
![]() |
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Pola asuh orang tua berperan besar dalam membentuk karakter dan komunikasi interpersonal anak, terutama dalam konteks keluarga sebagai lingkungan sosial pertama. Di tengah meningkatnya perhatian terhadap kesehatan mental dan dinamika komunikasi generasi muda, penting untuk memahami bagaimana pola asuh tertentu memengaruhi cara anak berinterkasi dengan orang tuanya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak pola asuh otoriter terhadap komunikasi anak kepada orang tuanya, khsuusnya di kalangan generasi Z yang mengalami tekanan emosional dan komunikasi tertutup dalam lingkungan keluarga. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan paradigma post-positivisme serta mengacu pada teori komunikasi interpersonal dari Joseph A. DeVito. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh otoriter cenderung menghambat komunikasi, ditandai dengan rendahnya keterbukaan, empati, dan dukungan emosional. Anak yang dibesarkan dengan pola ini mengalami kesulitan mengekspresikan pendapat dan kurang percaya diri. Sebaliknya, pola asuh demokratis lebih efektif dalam membangun komunikasi interpersonal yang positif karena memberi ruang bagi anak untuk berpartisipasi dan merasa dihargai. Penelitian ini berkontribusi dalam kajian komunikasi interpersonal serta dapat menjadi panduan bagi orang tua untuk memilih pola asuh yang mendukung keterbukaan komunikasi dan perkembangan anak. Selain itu, hasil penelitian ini memberikan wawasan bagi masyarakat dan pembuat kebijakan dalam merancang program edukasi keluarga guna memperkuat hubungan komunikasi dalam keluarga.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Pola Asuh Otoriter, Komunikasi Interpersonal, Hubungan Keluarga, Anak, Orang Tua. Keterbukaan Komunikasi Interpersonal Remaja Gen Z dalam Keluarga Pola Asuh Otoriter |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 26 Jul 2025 11:04 |
Last Modified: | 26 Jul 2025 11:04 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/39321 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |