Pemaknaan Penonton dari Generasi Milenial terhadap Tayangan Program Infotainment di Trans tv (Studi Analisis Resepsi)

Ruth, Venisa (2025) Pemaknaan Penonton dari Generasi Milenial terhadap Tayangan Program Infotainment di Trans tv (Studi Analisis Resepsi). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (471kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (213kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (436kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (201kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (557kB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (178kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (303kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemaknaan antar generasi terhadap tayangan infotainment Insert di Trans TV. Program ini sering menampilkan kehidupan pribadi selebriti, baik dalam bentuk kabar bahagia maupun kontroversi, yang kemudian menjadi konsumsi publik. Kehidupan pribadi yang dijadikan konsumsi publik memunculkan pro dan kontra. Sebagian menyebut infotainment sebagai hiburan dan informasi, sebagian lainnya menganggap tayangan seperti ini kurang mendidik karena membuka privasi seseorang. Penelitian ini menggunakan teori analisis resepsi dari Stuart Hall dengan membagi tiga posisi pemaknaan audiens yaitu dominant, negotiated, dan oppositional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam terhadap lima informan dari generasi milenial yang menonton tayangan Insert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar informan berada dalam posisi dominant, yaitu menerima isi tayangan sesuai dengan maksud pembuat program. Namun terdapat pula informan yang berada dalam posisi negotiated dan oppositional. Informan dengan posisi negotiated pada dasarnya menikmati tayangan, namun bersikap selektif terhadap isinya. Sedangkan informan dengan posisi oppositional menolak isi tayangan secara keseluruhan, dengan alasan pelanggaran privasi, kurang mendidik, dan tidak mendukung etika media. Hasil ini menunjukkan bahwa pemaknaan audiens dipengaruhi oleh latar belakang sosial, pendidikan, dan nilai-nilai yang dimiliki masing-masing individu. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam memahami posisi audiens milenial terhadap tayangan infotainment serta pentingnya etika dalam produksi tayangan hiburan.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: analisis resepsi, program infotainment, generasi milenial
Subjects: ?? PN4699-5650 ??
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 28 Jul 2025 11:01
Last Modified: 28 Jul 2025 11:01
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/39369

Actions (login required)

View Item View Item