Strategi Community Relations Sobat Air Jakarta dalam Upaya Meningkatkan Kepedulian Masyarakat Akan Sumber Daya Air

Odelia Candra, Janese (2025) Strategi Community Relations Sobat Air Jakarta dalam Upaya Meningkatkan Kepedulian Masyarakat Akan Sumber Daya Air. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (707kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (868kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (672kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (436kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (366kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (355kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Jakarta merupakan kota metropolitan yang memiliki banyak isu permasalahan, salah satu isu permasalahan terbesar merupakan isu air yang dapat membuat banyak permasalahan baru hingga Jakarta bisa tenggelam akibat penurunan tanah. Dinas Sumber Daya Air Jakarta bertugas untuk mengurus semua hal yang berkaitan dengan air di Jakarta, membuat Sobat Air sebagai wadah komunikasi untuk memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat. Sobat Air menggunakan strategi community relations untuk mengedukasi masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi community relations yang digunakan selama ini untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan sumber daya air. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus deskriptif, menggunakan teori community relations (Iriantara, 2010) dan The Three Strategies (Burkee, 1999). Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa banyak hal yang dilakukan oleh Sobat Air dalam strategi community realations yang selama ini dijalankan, bagaimana Sobat Air membangun trust, mempererat hubungan dengan komunitas, membuat setiap program kegiatan yang menarik, hingga akhirnya dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat dan dinas hingga dapat berpartisipasi dalam acara-acara besar. Kesimpulannya terdapat kecocokan dan kesinambungan antara strategi community relations Sobat Air dengan The Three Strategies dari Burke.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Community Relations, Sobat Air Jakarta, Sumber Daya Air, The Three Strategies, Kesadaran Masyarakat
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 31 Jul 2025 11:05
Last Modified: 31 Jul 2025 11:05
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/39527

Actions (login required)

View Item View Item