Pengaruh E-WOM dalam Media Sosial TikTok terhadap Minat Beli Sepatu Lokal Kanky

Albertus, Marcellinus (2025) Pengaruh E-WOM dalam Media Sosial TikTok terhadap Minat Beli Sepatu Lokal Kanky. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (502kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (380kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (390kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (424kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (646kB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (245kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (236kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (958kB)

Abstract

Perkembangan electronic word of mouth (e-WOM) menunjukkan tren yang semakin signifikan dalam beberapa tahun terakhir, didukung oleh berbagai penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa e-WOM memiliki pengaruh kuat dalam membentuk persepsi, kepercayaan, hingga keputusan pembelian konsumen. TikTok sebagai platform media sosial yang berbasis konten visual pendek, kini menjadi salah satu kanal yang sangat efektif dalam menyebarkan e-WOM, khususnya di kalangan Generasi Z. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh signifikan dari e-WOM dalam bentuk ulasan konten online di TikTok terhadap minat beli sepatu lokal merek Kanky, serta seberapa besar pengaruh tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif eksplanatif dengan metode survei terhadap 268 responden yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Data dianalisis menggunakan regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-WOM berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli dengan nilai kontribusi sebesar 64%. Temuan ini memperkuat pemahaman bahwa e-WOM bentuk ulasan konten online (gambar, video, & komentar) dari pengguna di media sosial tidak hanya membentuk kepercayaan konsumen, tetapi juga menjadi strategi pemasaran yang efektif dan relevan untuk merek lokal seperti Kanky dalam menjangkau audiens yang lebih luas.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: e-WOM, TikTok, minat beli, sepatu lokal, Kanky
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 31 Jul 2025 11:05
Last Modified: 31 Jul 2025 11:05
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/39528

Actions (login required)

View Item View Item