Peran Social Media Specialist pada Brand Food and Beverage Alfamart

Vevilia Lauren, Grisella (2025) Peran Social Media Specialist pada Brand Food and Beverage Alfamart. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (2MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (3MB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (2MB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (17MB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (632kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (511kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
[img] PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf

Download (52kB)

Abstract

Industri ritel menjadi salah satu bisnis yang memiliki persaingan ketat di Indonesia. Untuk itu, diperlukan inovasi bisnis agar tetap mampu bersaing. PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk atau Alfamart yang merupakan salah satu perusahaan ritel terbesar turut melakukan inovasi dengan meluncurkan tiga brand Food and Beverage yaitu Beanspot, Alfa X, dan Alfaexpress. Dalam menjalankan komunikasi pemasaran di tengah era digitalisasi saat ini, ketiga brand tersebut memanfaatkan platform media sosial. Oleh sebab itu, dibutuhkan peran Social Media Specialist untuk mengelola akun media sosial tersebut. Praktik kerja magang ini bertujuan untuk memahami peran dan mekanisme kerja seorang Social Media Specialist dalam menjalankan berbagai strategi komunikasi pemasaran yang efektif melalui media sosial. Penerapan konsep SOSTAC dalam pembuatan konten membantu proses menjadi lebih terarah, mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, hingga pelaporan. Selain itu, posisi Social Media Specialist di Alfamart juga bertanggung jawab dalam menjalankan kolaborasi dengan KOL dan menjadi admin media sosial. Kendala utama yang dihadapi yaitu harus mengelola tiga akun media sosial secara mandiri. Namun, kendala ini dapat diatasi melalui manajemen waktu yang baik selama masa magang. Setelah menjalankan 640 jam kerja magang, dapat disimpulkan bahwa peran Social Media Specialist sangat penting dalam menjalankan berbagai strategi pemasaran suatu brand melalui media sosial.

Item Type: Thesis (MBKM)
Keywords: Komunikasi Pemasaran, Konten, Media Sosial
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 31 Jul 2025 13:09
Last Modified: 31 Jul 2025 13:09
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/39605

Actions (login required)

View Item View Item