Vevilia Lauren, Grisella (2025) Peran Social Media Specialist pada Brand Food and Beverage Alfamart. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
![]() |
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (2MB) |
![]() |
PDF
BAB_I.pdf Download (3MB) |
![]() |
PDF
BAB_II.pdf Download (2MB) |
![]() |
PDF
BAB_III.pdf Download (17MB) |
![]() |
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (632kB) |
![]() |
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (511kB) |
![]() |
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) |
![]() |
PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf Download (52kB) |
Abstract
Industri ritel menjadi salah satu bisnis yang memiliki persaingan ketat di Indonesia. Untuk itu, diperlukan inovasi bisnis agar tetap mampu bersaing. PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk atau Alfamart yang merupakan salah satu perusahaan ritel terbesar turut melakukan inovasi dengan meluncurkan tiga brand Food and Beverage yaitu Beanspot, Alfa X, dan Alfaexpress. Dalam menjalankan komunikasi pemasaran di tengah era digitalisasi saat ini, ketiga brand tersebut memanfaatkan platform media sosial. Oleh sebab itu, dibutuhkan peran Social Media Specialist untuk mengelola akun media sosial tersebut. Praktik kerja magang ini bertujuan untuk memahami peran dan mekanisme kerja seorang Social Media Specialist dalam menjalankan berbagai strategi komunikasi pemasaran yang efektif melalui media sosial. Penerapan konsep SOSTAC dalam pembuatan konten membantu proses menjadi lebih terarah, mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, hingga pelaporan. Selain itu, posisi Social Media Specialist di Alfamart juga bertanggung jawab dalam menjalankan kolaborasi dengan KOL dan menjadi admin media sosial. Kendala utama yang dihadapi yaitu harus mengelola tiga akun media sosial secara mandiri. Namun, kendala ini dapat diatasi melalui manajemen waktu yang baik selama masa magang. Setelah menjalankan 640 jam kerja magang, dapat disimpulkan bahwa peran Social Media Specialist sangat penting dalam menjalankan berbagai strategi pemasaran suatu brand melalui media sosial.
Item Type: | Thesis (MBKM) |
---|---|
Keywords: | Komunikasi Pemasaran, Konten, Media Sosial |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 13:09 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 13:09 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/39605 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |