Chi, Vivian (2025) Peran Marketing Research and Development dalam Perencanaan Komunikasi Pemasaran di PT Sinotif Indonesia. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
![]() |
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (557kB) |
![]() |
PDF
BAB_I.pdf Download (250kB) |
![]() |
PDF
BAB_II.pdf Download (1MB) |
![]() |
PDF
BAB_III.pdf Download (4MB) |
![]() |
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (172kB) |
![]() |
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (298kB) |
![]() |
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
![]() |
PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf Download (52kB) |
Abstract
Latar Belakang pemilihan tempat magang ini dikarenakan perkembangan industri pendidikan digital di Indonesia, khususnya di bidang bimbingan belajar online. Tujuan dari kerja magang ini adalah untuk mengetahui proses kerja magang dan mengimplementasikan pengetahuan perencanaan komunikasi pemasaran. Perusahaan yang menjadi tempat kerja magang adalah PT Sinotif Indonesia, lembaga bimbingan belajar eksakta (matematika, fisika, kimia) dengan pendekatan semi-privat. Posisi yang dipilih dalam aktivitas magang adalah Marketing Research and Development. Deskripsi pekerjaan Marketing Research and Development adalah riset dan pengumpulan data sekolah, telemarketing, kunjungan ke sekolah, dan notulensi. Konsep yang digunakan dalam laporan magang ini adalah strategi STP (Segmenting, Targeting, Positioning), model komunikasi dua arah Belch & Belch (2018), prinsip negosiasi BATNA, serta komunikasi simbolik. Kendala utama dalam proses kerja magang adalah sulitnya memperoleh kontak sekolah yang valid serta ketidaksesuaian antara rencana komunikasi dengan situasi di lapangan. Setelah dilakukan aktivitas magang selama delapan puluh hari, didapatkan kesimpulan yaitu penulis dapat memahami proses kerja magang Marketing Research and Development dan mampu mengimplementasikan berbagai konsep komunikasi pemasaran secara langsung di lapangan dengan terlibat dalam aktivitas, seperti riset dan pengumpulan data, telemarketing, kunjungan ke sekolah, notulensi, hingga aktivitas digital marketing dan event marketing yang meningkatkan pemahaman terhadap strategi komunikasi.
Item Type: | Thesis (MBKM) |
---|---|
Keywords: | digital marketing, kerja sama sekolah, komunikasi pemasaran, marketing research and development, telemarketing |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 13:16 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 13:16 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/39673 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |