Beth Evelyn Lingga, Michelle (2025) Aktivitas komunikasi publik dan pengelolaan informasi hubungan masyarakat BMKG untuk penyampaian informasi cuaca, iklim kepada masyarakat. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
![]() |
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (429kB) |
![]() |
PDF
BAB_I.pdf Download (284kB) |
![]() |
PDF
BAB_II.pdf Download (453kB) |
![]() |
PDF
BAB_III.pdf Download (1MB) |
![]() |
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (224kB) |
![]() |
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (181kB) |
![]() |
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf Download (52kB) |
Abstract
Perkembangan di era digital ini, menuntut instansi untuk mampu menyampaikan informasi secara cepat, akurat dan mudah dipahami oleh masyarakat. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memiliki peran penting dalam memberikan informasi cuaca, iklim, dan Gempa yang berkaitan langsung dengan keselamatan publik. Melalui aktivitas komunikasi publik, BMKG menyatukan kebutuhan informasi teknis kepada masyarakat luas dengan pendekatan yang komunikatif dan responsif. Tujuan dari kerja magang ini adalah untuk mengimplementasikan pengetahuan dari matakuliah Art Copywriting & Creative Strategy, Social media & Mobile Marketing dan Corporate Communication ke dalam kerja magang. Kegiatan yang dilakukan meliputi konten untuk sosial media, artikel berita, meliput,monitoring berita online, serta pengelolaan informasi yang berkaitan dengan cuaca dan bencana alam. Tantangan yang dihadapi antara lain menyederhanakan bahasa teknis agar lebih dimengerti publik, beradaptasi dengan ritme kerja instansi pemerintah yang dinamis, dan mengembangkan konten informatif yang tetap menarik. Melalui proses kerja magang ini, pemagang memperoleh pemahaman mendalam mengenai pentingnya komunikasi publik dalam membangun kepercayaan, meningkatkan kesadaran, dan mendorong kesiapsiagaan masyarakat terhadap potensi bencana. Selain meningkatkan keterampilan praktis di bidang komunikasi, pengalaman ini juga memperkuat kemampuan pemagang dalam bekerja secara profesional, kolaboratif, serta responsif terhadap kebutuhan informasi publik yang terus berkembang.
Item Type: | Thesis (MBKM) |
---|---|
Keywords: | Komunikasi Publik, Hubungan Masyarakat BMKG, Media sosial, Strategi Konten |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 13:18 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 13:18 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/39684 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |