Shidqi Nabila, Nisrina (2025) Aktivitas Marketing Intern di PT Telekomunikasi Indonesia. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
![]() |
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (796kB) |
![]() |
PDF
BAB_I.pdf Download (620kB) |
![]() |
PDF
BAB_II.pdf Download (433kB) |
![]() |
PDF
BAB_III.pdf Download (2MB) |
![]() |
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (378kB) |
![]() |
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (373kB) |
![]() |
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf Download (52kB) |
Abstract
Industri telekomunikasi digital terus berkembang seiring meningkatkan kebutuhan akan efisiensi kerja dan transformasi digital di berbagai sektor. PT Telekom Indonesia perusahaan BUMN di bidang telekomunikasi meluncurkan program Digistar Class Intern untuk mengembangkan talenta digital melalui praktik kerja nyata. Dalam praktik kerja magang sebagai Marketing Intern di tim Design and Experience (DEX), pemagang bertugas menyusun perencanaan campaign internal yang bertujuan meningkatkan adopsi Design Principles untuk tim internal. Proses perencanaan dilakukan melalui riset persona, analisis kebutuhan, serta penyusunan temuan di lapangan. Proses kerja ini mengacu pada teori komunikasi strategis seperti Introduction to Strategic Communication dan pendekatan Design Thinking yang menekankan pentingnya riset, empati, serta strategi. Selama magang, pemagang juga terlibat dalam tugas lintas peran bersama tim UX Writer, UX Researcher, dan Legion, sehingga memperluas pengalaman kerja di lingkungan profesional. Selain itu, program ini juga mencakup pengembangan diri melalui kelas soft skill dan hard skill yang menambah kesiapan pemagang untuk terjun langsung ke dunia kerja. Meskipun campaign belum terlaksana karena dinamika internal perusahaan, pengalaman ini memberikan pemahaman nyata mengenai tantangan kerja di industri digital, serta pentingnya fleksibilitas dan kemampuan adaptasi dalam lingkungan kerja yang terus berubah.
Item Type: | Thesis (MBKM) |
---|---|
Keywords: | campaign internal, marketing intern, design principles, telekomunikasi digital Aktivitas Marketing Intern..., Nisrina Shidqi Nabila, Universitas Multimedia Nusantara |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 13:19 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 13:19 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/39691 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |