Pelaksanaan Kerja Magang Divisi CRM (Customer Relationship Management) di PT Kompas Cyber Media

Fellycia, Fellycia (2025) Pelaksanaan Kerja Magang Divisi CRM (Customer Relationship Management) di PT Kompas Cyber Media. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (752kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (446kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (395kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (341kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
[img] PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf

Download (53kB)

Abstract

Latar belakang pemilihan tempat magang ini didasari oleh meningkatnya konsumsi berita digital yang mendorong perusahaan media untuk memperkuat strategi layanan dan komunikasi pelanggan. Tujuan dari kerja magang ini adalah untuk menerapkan konsep customer service, B2B, direct marketing, event marketing, dan manajemen inventory secara langsung di industri media digital. Perusahaan tempat magang adalah Kompas.com yang dikelola oleh PT Kompas Cyber Media. Posisi yang diambil adalah CRM Intern di bawah Divisi Marketing Communication. Deskripsi pekerjaan meliputi customer service, koordinasi pemesanan gift dengan vendor (B2B), pengiriman email dan WhatsApp blast (direct marketing), keterlibatan dalam event marketing, serta pengelolaan stok merchandise. Konsep yang digunakan mengacu pada (McDonald, Wilson, & Chaffey, 2024) untuk customer service, (Seebacher, 2021) untuk B2B, (Kotler & Keller, 2015) untuk direct marketing (Clow & Baack, 2018) untuk event marketing, dan (Silver, Pyke, & Thomas, 2016) untuk manajemen inventory. Kendala utama adalah keterbatasan konsep, komunikasi saat WFH, dan akses platform digital. Dari pengalaman ini diperoleh pemahaman praktis mengenai pengelolaan relasi pelanggan dan strategi komunikasi dalam dunia kerja nyata.

Item Type: Thesis (MBKM)
Keywords: Business to Business, Customer Relationship Management, Direct Marketing, Event Marketing, Merchandise
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 02 Aug 2025 13:05
Last Modified: 02 Aug 2025 13:05
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/39758

Actions (login required)

View Item View Item