Dhana Galih Reswara, Bernardus (2025) Peran dan Kegiatan Sales Sponsorship dalam Event Automotive di PT Dyandra Promosindo. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
![]() |
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (866kB) |
![]() |
PDF
BAB_I.pdf Download (460kB) |
![]() |
PDF
BAB_II.pdf Download (568kB) |
![]() |
PDF
BAB_III.pdf Download (1MB) |
![]() |
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (402kB) |
![]() |
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (372kB) |
![]() |
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf Download (53kB) |
Abstract
Industri event organizer merupakan salah satu sektor yang memiliki peran penting dalam mendukung pertumbuhan industri otomotif di Indonesia, terutama melalui penyelenggaraan pameran otomotif berskala nasional. PT Dyandra Promosindo sebagai salah satu penyelenggara pameran otomotif bertanggung jawab memastikan seluruh proses penyelenggaraan event berjalan optimal, salah satunya melalui pengelolaan sponsorship. Dalam implementasinya, pengelolaan sponsorship memiliki fungsi untuk menjaga keberlangsungan hubungan bisnis antara penyelenggara dengan sponsor, serta memastikan seluruh bentuk kerja sama berjalan sesuai hak dan kewajiban yang telah disepakati. Agar proses pelaksanaan sponsorship berjalan efektif, penerapan teori komunikasi digunakan sebagai dasar pendekatan dalam praktik kerja. Konsep personal selling dengan model AIDA diterapkan untuk mendukung kegiatan penjualan produk sponsorship secara langsung kepada sponsor, khususnya dalam transaksi kebutuhan tambahan pada saat acara berlangsung. Selain itu, prinsip komunikasi interpersonal diterapkan dalam mendukung fungsi client handling agar terjalin komunikasi yang terbuka, efektif, dan profesional antara pihak penyelenggara dengan sponsor. Pada situasi tertentu, penerapan prinsip empati dalam komunikasi juga menjadi penting untuk mendukung proses penanganan keluhan (complaint handling), dengan tujuan menjaga kepercayaan sponsor dan kelancaran proses kerja. Melalui penerapan konsep tersebut, sponsorship dapat berfungsi tidak hanya sebagai sumber pendapatan acara, tetapi juga sebagai bagian dari upaya membangun relasi jangka panjang antara perusahaan penyelenggara dan mitra sponsor.
Item Type: | Thesis (MBKM) |
---|---|
Keywords: | Sales Sponsorship, Personal selling, Komunikasi Interpersonal, Sponsorship Event Peran Sales Sponsorhip ...., Bernardus Dhana Galih Reswara, Universitas Multimedia Nusantara |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 13:04 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 13:04 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/39837 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |