Gregorius Paskah Layanan, Adam (2025) Pengelolaan Konten Media Sosial di Komdigi (indonesiabaik.id). MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
![]() |
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (510kB) |
![]() |
PDF
BAB_I.pdf Download (392kB) |
![]() |
PDF
BAB_II.pdf Download (436kB) |
![]() |
PDF
BAB_III.pdf Download (857kB) |
![]() |
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (245kB) |
![]() |
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (352kB) |
![]() |
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
![]() |
PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf Download (54kB) |
Abstract
Latar belakang pemilihan tempat magang adalah pertumbuhan pesat media sosial sebagai alat utama generasi muda dalam era digital untuk mencari informasi dan berita. Tujuan dari magang ini adalah untuk menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang dipelajari selama kuliah ke dunia kerja, khususnya dalam pembuatan dan distribusi konten digital yang informatif. Indonesiabaik.id adalah portal media digital yang dikelola oleh Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik di bawah Kementerian Komunikasi dan Informatika dan berfokus pada penyebaran informasi positif tentang pemerintah. Ini adalah perusahaan tempat magang. Seluruh siklus produksi konten ditanggung oleh peran Content Creator. Penulisan dan penelitian naskah, pengeditan video, perekaman suara, dan bekerja sama dengan tim redaktur untuk publikasi di media sosial TikTok di @indonesiabaik.id. Laporan ini menggunakan konsep SMART (Specific, Measurable, Achievable, Relevant, and Time- bound) untuk mengelola konten media sosial dan memastikan tujuan konten yang jelas dan terukur. perbedaan antara alur kerja teoretis yang dipelajari di kuliah dan praktik industri yang membutuhkan perubahan cepat untuk mengikuti tren media sosial dan alur persetujuan konten, serta keterbatasan akses ke perangkat lunak penunjang. Setelah magang selesai, diketahui bahwa pendekatan yang paling berdampak pada pengelolaan konten TikTok @indonesiabaik.id adalah kemampuan untuk menerjemahkan informasi pemerintah yang formal ke dalam format yang sesuai dengan audiens Gen Z. Ini dicapai melalui penggunaan video infografis yang dinamis dan sesuai dengan tren platform, yang terbukti lebih efektif daripada pendekatan konten konvensional untuk meningkatkan keterlibatan audiens.
Item Type: | Thesis (MBKM) |
---|---|
Keywords: | Pengelolaan Konten Media Sosial, Komunikasi Digital, Pembuatan Konten |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 13:04 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 13:04 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/39839 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |