Aktivitas Event Marketing Intern di Akang Group (RM Payakumbuah)

Syiffa Amalia, Naura (2025) Aktivitas Event Marketing Intern di Akang Group (RM Payakumbuah). MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (3MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (2MB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (6MB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (624kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (259kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf

Download (52kB)

Abstract

Pemilihan tempat magang didasarkan pada tingginya pertumbuhan industri makanan dan minuman di Indonesia yang diiringi dengan meningkatnya aktivitas promosi berbasis event management. Tujuan dari kegiatan magang ini adalah untuk mengimplementasikan pengetahuan akademik, khususnya yang berkaitan dengan mata kuliah Brand Storytelling, Special Event and Brand Activation ke dalam praktik kerja nyata; meningkatkan kemampuan soft skill dan hard skill sebagai bekal profesional setelah masa studi; serta membangun relasi dengan profesional di lingkungan internal dan eksternal perusahaan. Perusahaan yang menjadi tempat kerja magang adalah Akang Group, khususnya pada unit RM Payakumbah yang bergerak di sektor kuliner modern dengan konsep makanan Minang. Posisi yang diambil dalam kegiatan magang adalah Event Marketing Intern yang berada di bawah Divisi Marketing & Creative. Tugas utama posisi ini meliputi penyusunan konsep acara, pengelolaan kegiatan pra-acara (pre-event), pelaksanaan teknis di hari-H (event delivery), serta penyusunan evaluasi pasca-acara (post-event). Konsep yang digunakan dalam laporan magang ini adalah teori manajemen event yang terdiri atas tiga tahap utama yaitu pre-event, event delivery, dan post-event berdasarkan (Bladen et al., 2022). Kendala utama yang dihadapi dalam pelaksanaan magang adalah keterbatasan ruang observasi dalam pengambilan keputusan strategis dan minimnya kejelasan pembagian tugas di awal penempatan. Setelah menjalani program magang selama 640 jam, diperoleh kesimpulan bahwa keterlibatan langsung dalam tiap tahapan event memberikan pemahaman yang mendalam mengenai penerapan teori yang telah dipelajari selama perkuliahan. Selain itu, kegiatan magang ini turut mendorong peningkatan kemampuan penulis melalui pengalaman kerja yang menuntut koordinasi, ketepatan, dan adaptasi di lingkungan profesional. Magang ini juga membuka peluang untuk membangun relasi dengan pihak internal perusahaan dan mitra eksternal, yang menjadi modal penting dalam pengembangan karier dan jejaring profesional ke depannya.

Item Type: Thesis (MBKM)
Keywords: event marketing, magang, pre-event, event delivery, post-event
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 05 Aug 2025 13:01
Last Modified: 05 Aug 2025 13:01
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/39854

Actions (login required)

View Item View Item