Prajna Susanto, Henry (2025) Perancangan Aplikasi Bloomvest sebagai Platform Edukasi, Simulasi, dan Permainan Investasi Interaktif. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
![]() |
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (611kB) |
![]() |
PDF
BAB_I.pdf Download (366kB) |
![]() |
PDF
BAB_II.pdf Download (625kB) |
![]() |
PDF
BAB_III.pdf Download (2MB) |
![]() |
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (256kB) |
![]() |
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (239kB) |
![]() |
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
![]() |
PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf Download (53kB) |
Abstract
Minat generasi muda terhadap investasi terus meningkat dalam beberapa tahun terakhir, namun tidak diiringi dengan kesiapan literasi keuangan dan pengalaman praktis yang memadai. Banyak platform edukasi yang tersedia masih bersifat teoritis dan satu arah, sehingga belum mampu menjawab kebutuhan pengguna pemula yang ingin belajar investasi secara aman dan interaktif. Melalui program MBKM Kewirausahaan, dirancanglah Bloomvest, sebuah aplikasi berbasis edukasi, simulasi, dan permainan investasi interaktif sebagai solusi atas tantangan tersebut. Fokus dalam proyek ini adalah merancang business process dan prototype aplikasi yang sesuai dengan karakteristik target pasar, yaitu pengguna usia 1525 tahun yang membutuhkan pendekatan belajar yang ringan, visual, dan menyenangkan. Beberapa solusi yang diterapkan meliputi penerapan sistem gamifikasi, penggunaan uang virtual, serta integrasi mentoring dari investor berpengalaman. Dari pelaksanaan program ini, diperoleh pembelajaran mengenai pengembangan ide bisnis berbasis masalah nyata di masyarakat, penyusunan strategi produk yang user-centered, serta pentingnya validasi dan iterasi desain dalam proses pembuatan prototype. Laporan ini memberikan gambaran lengkap mengenai proses perancangan Bloomvest dan bagaimana produk ini diharapkan dapat menjadi jembatan bagi pemula dalam memahami dan mempraktikkan investasi secara aman, terarah, dan menyenangkan.
Item Type: | Thesis (MBKM) |
---|---|
Keywords: | Edukasi Investasi, Gamifikasi, Literasi Keuangan |
Subjects: | ?? T70 ?? |
Divisions: | Faculty of Engineering & Informatics > Information System |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 08 Aug 2025 13:01 |
Last Modified: | 08 Aug 2025 13:01 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/39899 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |