Rachel Hasibuan, Jessica (2025) Peran Community Associate Intern di PT Raga Bersama Indonesia. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
![]() |
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (722kB) |
![]() |
PDF
BAB_I.pdf Download (433kB) |
![]() |
PDF
BAB_II.pdf Download (337kB) |
![]() |
PDF
BAB_III.pdf Download (1MB) |
![]() |
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (264kB) |
![]() |
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (220kB) |
![]() |
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (769kB) |
![]() |
PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf Download (51kB) |
Abstract
Industri E-Sports memberikan kontribusi positif terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia. Pada tahun 2018, pendapatan global dari sektor E-Sports mencapai sekitar US$905,6 juta, yang setara dengan Rp13,2 triliun. Para pemain game di Indonesia dengan cepat menyambut perkembangan E-Sports, yaitu permainan video yang dilakukan secara kompetitif. Berbagai kompetisi E-Sports, baik tingkat nasional maupun internasional, terus mengalami pertumbuhan. Penting bagi perusahaan E-Sports untuk memiliki komunitas selain untuk menjaga hubungan dengan audiens, kepentingan branding atau promosi, bisnis komersial, dan tentunya loyalitas jangka panjang. Penulis tertarik untuk kerja magang di perusahaan NAVI, karena NAVI adalah salah satu perusahaan E-Sports terbesar di dunia. Sebelum menjadi NAVI tim ini juga menjadi salah satu tim besar di Indonesia. Hal tersebut menarik untuk bisa mendapatkan pengalaman serta cara pandang terhadap cara kerja atau aktivitas komunitas yang dilakukan oleh perusahaan ini. Tujuan pekerjaan dari Community Associate Intern ini adalah membangun komunikasi dengan komunitas, menciptakan program jangka panjang, dan membangun loyalitas komunitas. Kendala utama dalam pelaksanaan magang ini adalah kesulitan dalam memahami software challonge, brief yang kurang jelas, dan perbedaan konseptual yang telah dipelajari. Sebagai Kesimpulan, selama melaksanakan magang selama 640 jam sebagai Community Associate Intern di PT Raga Bersama Indonesia (NAVI MLBB ID), penulis mampu menerapkan pengetahuan dari mata kuliah Community Relations and Engagement, khususnya dalam membangun komunitas yang loyal dan aktif.
Item Type: | Thesis (MBKM) |
---|---|
Keywords: | Community, E-Sports, Community Relation and engament |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 13 Aug 2025 13:02 |
Last Modified: | 13 Aug 2025 13:02 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/39952 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |