Analisis Semiotika Visual dari Iklan Parodi Levis Woke oleh Snl

Fontiona, Michelle (2025) Analisis Semiotika Visual dari Iklan Parodi Levis Woke oleh Snl. Bachelor Thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (678kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (175kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (447kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (209kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (120kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (173kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Fashion telah berkembang menjadi media komunikasi nonverbal yang mencerminkan identitas, suasana hati, dan posisi sosial seseorang. Lebih dari sekadar gaya busana, fashion turut memengaruhi ekspektasi sosial terkait maskulinitas dan feminitas, membentuk persepsi publik terhadap gender. Iklan parodi Levi's Wokes yang diproduksi oleh SNL menyindir fenomena woke capitalism. Penelitian ini menggunakan teori semiotika Roland Barthes untuk menganalisis iklan tersebut, dengan fokus pada tanda-tanda visual yang mencakup denotasi, konotasi, dan mitos. Analisis denotasi mengungkap representasi visual langsung, konotasi menggali makna tersembunyi yang mencerminkan kritik sosial. Mitos menggambarkan pandangan budaya terhadap konsumsi kapitalisme yang dikemas dengan nilai-nilai woke. Hasil penelitian menunjukkan bahwa elemen visual dalam iklan ini tidak hanya mengkritik kapitalisme, tetapi juga menyoroti bagaimana fashion dapat digunakan sebagai alat komunikasi yang efektif untuk menyampaikan pesan sosial. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi teoretis terhadap pemahaman semiotika dalam konteks desain komunikasi visual. Secara praktis, penelitian ini juga mengembangkan strategi komunikasi yang kreatif, kritis, dan relevan dengan audiens muda, terutama Generasi Z.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Creators: Fontiona, Michelle (00000056317)
Contributors: Casande, Suwito
Keywords: Semiotika, Fashion, Woke
Subjects: 700 Arts and Recreation
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
Date Deposited: 09 Sep 2025 06:00
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/40056

Actions (login required)

View Item View Item