Perancangan Kampanye Edukasi Pinjaman Online di Indonesia

Oktavia Z, Angelica (2025) Perancangan Kampanye Edukasi Pinjaman Online di Indonesia. Bachelor Thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (493kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (124kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (548kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (137kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (115kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (138kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Archive (ZIP)
CREATION_FILE.zip

Download (3MB)

Abstract

Pinjol atau pinjaman online merupakan sebuah jasa inovatif dari Financial Technology yang digunakan untuk memudahkan masyarakat Indonesia meminjam uang secara online tanpa memerlukan jaminan. Alasan masyarakat memakai jasa pinjol, untuk memenuhi kebutuhan ekonomi yang tidak terpenuhi termasuk gaya hidup yang konsumtif. Konsumtif merupakan gaya hidup boros yang suka menghamburkan uang tanpa pertimbangan yang matang dan pinjaman online sering dijadikan pemasukan untuk memenuhi kebutuhan konsumtif masyarakat. Jika hal ini terus terjadi, akan mempengaruhi ekonomi masyarakat yang menyebabkan kredit macet dan menyebabkan terlilit hutang dengan jumlah besar, stress, depresi hingga bunuh diri. Rendahnya edukasi tentang pinjol yang baik di Indonesia membuat penulis hendak merancang sebuah kampanye edukasi yang persuasif dengan pendekatan visual dan informasi pada rentang umur yang rawan melakukan pinjol, yaitu 19-30 tahun. Perancangan kampanye ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan edukasi untuk melakukan pinjol secara bijak dan produktif bukan untuk konsumtif. Dalam proses pengumpulan data, penulis menggunakan metode campuran yaitu kualitatif dan kuantitatif yang diambil dari teknik kuesioner, wawancara, studi eksisting dan referensi. Perancangan ini menggunakan metode HCD (Human Centered Design) untuk penelitian yang terdiri dari Inspiration, Ideation dan Implementation, serta AISAS (Attention, Interest, Search, Action, dan Share) yang berfokus pada media sosial. Hasil dari kampanye ini ditujukan untuk mempersuasi dan mengubah perilaku target yang menggunakan pinjol untuk kebutuhan konsumtif demi mencegah tingkat depresi dan bunuh diri di Indonesia karena pinjaman online.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Creators: Oktavia Z, Angelica (00000056698)
Contributors: Legia, Mariska
Keywords: Kampanye edukasi, pinjaman online
Subjects: 700 Arts and Recreation
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
Date Deposited: 09 Sep 2025 06:04
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/40077

Actions (login required)

View Item View Item