Rangga Adzka, Abulwafa (2024) Penerapan Spatial Audio untuk Menggambarkan Ambivalensi Kavi pada Scene 4 dalam Film Perahu. Bachelor Thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
![]() |
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (1MB) |
![]() |
PDF
BAB_I.pdf Download (360kB) |
![]() |
PDF
BAB_II.pdf Download (391kB) |
![]() |
PDF
BAB_III.pdf Download (416kB) |
![]() |
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
![]() |
PDF
BAB_V.pdf Download (693kB) |
![]() |
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (334kB) |
![]() |
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (377kB) |
![]() |
Archive (ZIP)
CREATION_FILE.zip Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan reverb dan spatial audio dalam menggambarkan ambivalensi emosional karakter Kavi pada adegan keempat film Perahu (2024). Spatial audio digunakan untuk menciptakan pengalaman imersif, memungkinkan penonton merasakan transisi emosional yang kompleks. Penelitian dijalankan secara kualitatif, dimana penulis mengolah langsung desain suara dan mengaplikasikan praktis desain suara sesuai dengan kebutuhan konsep yang telah dibuat. Proses penciptaan melibatkan teori desain suara, reverb, spatial audio, dan ambivalensi emosi untuk membangun soundscape yang mendukung narasi. Hasil karya menunjukkan bahwa kombinasi reverb non-diegetik dan spatial audio secara efektif mengilustrasikan pergolakan batin Kavi, memberikan kedalaman emosional yang signifikan kepada penonton. Penelitian ini memberikan kontribusi pada teknik desain suara dalam film sebagai alat untuk menguatkan aspek naratif dan emosional.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Creators: | Rangga Adzka, Abulwafa (00000058082) |
Contributors: | Adhitya Indra Yuana, Raden |
Keywords: | Desain Suara, Ambivalensi, Perahu |
Subjects: | 700 Arts and Recreation > 770 Photography, Computer Art, Film, Video |
Divisions: | Faculty of Art & Design > Film & Animation |
Date Deposited: | 09 Sep 2025 06:59 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/40214 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |