Kylie Darmawan Trenggono, Tiffany (2024) Analisis Pengaruh Kepedulian Lingkungan, Persepsi Efektivitas Konsumen, Pengetahuan Lingkungan yang Dirasakan, dan Sikap terhadap Produk Hijau terhadap Niat Pembelian Produk Hijau: Studi Kasus pada Merek Ramah Lingkungan Setali Indonesia. Bachelor Thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
![]() |
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (750kB) |
![]() |
PDF
BAB_I.pdf Download (3MB) |
![]() |
PDF
BAB_II.pdf Download (442kB) |
![]() |
PDF
BAB_III.pdf Download (1MB) |
![]() |
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
PDF
BAB_V.pdf Download (271kB) |
![]() |
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (351kB) |
![]() |
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Industri fashion berkontribusi signifikan terhadap pencemaran lingkungan, dengan limbah pakaian di Indonesia mencapai 2,3 juta ton per tahun. Fenomena fast fashion, yang menggunakan bahan berkualitas rendah dan bersifat tidak ramah lingkungan, menjadi penyebab utama masalah ini. Sebagai solusi, slow fashion hadir dengan pendekatan berkelanjutan, menggunakan bahan daur ulang dan mendukung kesejahteraan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi niat beli masyarakat Indonesia terhadap produk fashion ramah lingkungan, dengan fokus pada brand Setali Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan nonprobability sampling. Data dikumpulkan dari 156 responden berusia 17-40 tahun yang mengetahui merek Setali Indonesia tetapi belum pernah membeli produknya. Analisis dilakukan menggunakan metode Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Variabel yang diteliti meliputi Attitude Toward Green Products, Perceived Environmental Knowledge, Perceived Consumer Effectiveness, dan Environmental Concern. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel PEK dan EC memiliki pengaruh positif signifikan terhadap Green Purchase Intention, sedangkan Attitude Toward Green Products dan Perceived Consumer Effectiveness tidak memiliki pengaruh signifikan. Temuan ini menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan lingkungan yang dimiliki konsumen menjadi faktor kunci dalam mendorong keputusan pembelian produk ramah lingkungan. Implikasi yang dapat diperkuat pada variabel PEK adalah dengan melakukan campaign untuk mendorong pengetahuan yang lebih mendalam kepada konsumen.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Creators: | Kylie Darmawan Trenggono, Tiffany (00000059525) |
Contributors: | Purnamaningsih, Purnamaningsih |
Keywords: | Lingkungan hidup, Limbah, Fast Fashion, Slow Fashion, Ramah Lingkungan, Minat Beli |
Subjects: | 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) |
Divisions: | Faculty of Business > Management |
Date Deposited: | 09 Sep 2025 07:31 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/40295 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |