Persepsi Followers mengenai Penampilan Diri dalam Narasi Kecantikan yang Dikonstruksi oleh Akun Instagram @femaledailynetwork

Sabrina, Salwa (2025) Persepsi Followers mengenai Penampilan Diri dalam Narasi Kecantikan yang Dikonstruksi oleh Akun Instagram @femaledailynetwork. Bachelor Thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (542kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (328kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (448kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (323kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (792kB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (250kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (260kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Media sosial telah menjadi platform utama untuk menyebarkan informasi, tidak terkecuali dalam industri kecantikan. Instagram sebagai salah satu media sosial berbasis visual memberikan ruang bagi berbagai akun kecantikan untuk menyebarkan konten kecantikan yang dapat membentuk persepsi masyarakat mengenai kecantikan. Salah satu akun yang populer dalam membagikan konten kecantikan adalah @femaledailynetwork, di mana menyajikan berbagai konten edukasi dan inspirasi kecantikan. Dalam konteks ini, persepsi kecantikan dari pengikut akun @femaledailynetwork berdasar dari konten yang mereka konsumsi beserta nilai dan pengalaman pribadi mereka. Pada penelitian ini, peneliti berupaya untuk memahami bagaimana persepsi kecantikan yang terbentuk di kalangan followers akun Instagram @femaledailynetwork. Dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif dan metode studi kasus, peneliti mengumpulkan data melalui wawancara mendalam dengan followers aktif akun Instagram @femaledailynetwork. Analisis dilakukan menggunakan prinsip umum persepsi menurut Mulyana (2021) untuk mengeksplorasi bagaimana konten dari akun Instagram @femaledailynetwork membentuk persepsi followers mengenai kecantikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konten yang dibagikan oleh akun ini tidak hanya sebagai media informasi digital, tetapi juga membentuk persepsi kecantikan sebagai bagaimana pentingnya perawatan diri bagi perempuan agar dapat menampilkan versi terbaik dari dirinya. Narasi kecantikan positif yang dibagikan dalam akun ini membuat followers merasa lebih percaya diri untuk merawat apa saja yang bisa dirawat dalam diri sehingga dapat menampilkan penampilan diri yang cantik sesuai dengan kondisi masing-masing.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Creators: Sabrina, Salwa (00000059675)
Contributors: Okta Wibowo, Tangguh
Keywords: persepsi kecantikan, konten kecantikan, followers, media sosial, Instagram
Subjects: 300 Social Sciences
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
Date Deposited: 09 Sep 2025 07:33
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/40308

Actions (login required)

View Item View Item