Tandaheran, Rekabae (2025) Perancangan Website Tentang Paradox of Choice. Bachelor Thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
![]() |
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (2MB) |
![]() |
PDF
BAB_I.pdf Download (850kB) |
![]() |
PDF
BAB_II.pdf Download (4MB) |
![]() |
PDF
BAB_III.pdf Download (1MB) |
![]() |
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
![]() |
PDF
BAB_V.pdf Download (777kB) |
![]() |
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (712kB) |
![]() |
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
![]() |
Archive (ZIP)
CREATION_FILE.zip Download (4MB) |
Abstract
Paradox of choice adalah sebuah gangguan dalam mengambil keputusan yang disebabkan oleh banyaknya pilihan yang diperhadapkan. Istilah ini masih kurang dikenal dan dipahami di Indonesia, dimana hal ini kemungkinan disebabkan karena kurangnya orang-orang ahli yang membahas topik ini. Hal ini tentu saja memberi dampak buruk pada masyarakat, dan jika tidak diselesaikan, dapat menyebabkan kelelahan mental pada masyarakat, yang berujung pada stres dan kecemasan. Berdasarkan masalah tersebut, dirancanglah sebuah media informasi berupa website dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan informasi tentang paradox of choice bagi masyarakat. Metode perancangan yang digunakan adalah metode human-centered design, dengan tujuan untuk merancang sebuah solusi yang didasari oleh masalah yang dialami target perancangan, dan memastikan solusi yang dibuat menyelesaikan masalah yang tepat. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan kuesioner. Perancangan dilakukan berdasarkan tiga tahap pada human-centered design, yaitu inspiration, ideation, dan implementation. Proses dimulai dari pengumpulan data dengan metode mix method, dimana dari pengumpulan data ini, penulis mendapatkan informasi dan insight tentang paradox of choice, dan pemahaman masyarakat tentang topik ini. Untuk hasil dari pengumpulan data sendiri, diketahui bahwa masyarakat Indonesia sering diperhadapkan dengan banyak pilihan, meskipun begitu mereka masih kurang mengetahui dan memahami apa itu paradox of choice. Lalu, penulis melakukan brainstorming dan concepting, dan yang terakhir adalah pembuatan media utama dan sekunder. Dilakukan juga alpha dan beta test untuk mengukur kualitas website yang dibuat. Berdasarkan hasil dari user testing, website ini cukup memenuhi kebutuhan informasi tentang paradox of choice bagi pengguna, namun baru hanya sekedar memenuhi kebutuhan informasi saja. Penelitian untuk topik ini harus dilakukan secara mendalam, dan setiap proses perancangan dilakukan dengan hati hati.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Creators: | Tandaheran, Rekabae (00000060052) |
Contributors: | Purnama, Hadi |
Keywords: | paradox of choice, keputusan, website |
Subjects: | 700 Arts and Recreation |
Divisions: | Faculty of Art & Design > Visual Communication Design |
Date Deposited: | 09 Sep 2025 11:01 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/40342 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |