Adelia, Adelia (2025) Pengaruh Pesan Kampanye #JadiBaruLagi Le Minerale di Instagram terhadap Brand Image. Bachelor Thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
![]() |
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (717kB) |
![]() |
PDF
BAB_I.pdf Download (346kB) |
![]() |
PDF
BAB_II.pdf Download (241kB) |
![]() |
PDF
BAB_III.pdf Download (286kB) |
![]() |
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (522kB) |
![]() |
PDF
BAB_V.pdf Download (122kB) |
![]() |
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (184kB) |
![]() |
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
#JadiBaruLagi merupakan salah satu kampanye yang dilakukan oleh merek kemasan minuman plastik di Indonesia yakni Le Minerale. Kampanye ini dilakukan dengan tujuan untuk mengajak masyarakat Indonesia dapat meningkatkan kepeduliannya terhadap cara untuk melakukan daur ulang sampah plastik menjadi barang yang memiliki fungsi lain. Melalui kampanye yang dilakukan oleh Le Minerale ini sebagai bentuk upaya yang dilakukan oleh perusahaan untuk meningkatkan citra merek yang positif. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk melihat pengaruh pesan kampanye #JadiBaruLagi Le Minerale di Instagram terhadap Brand Image. Penelitian ini menggunakan konsep pesan kampanye yang terdiri dari Message Structure, Message Content, Framing, Language dan Emotional Appeals menurut (Perloff, 2017). penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif eksplanatif dengan metode survei sebagai alat pengumpulan data. Kuesioner dilakukan dengan menggunakan Google Form yang disebarkan kepada 100 responden yang mengikuti Instagram @le_mineraleid dan mengetahui kampanye #JadiBaruLagi. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dan uji hipotesis yang akan diuji menggunakan uji regresi linear sederhana. Hasil Penelitian menunjukkan jika terdapat pengaruh antara pesan kampanye #JadiBaruLagi terhadap Brand Image sebesar 58,2%. Faktor lainnya yang dapat mempengaruhi Brand Image Le Minerale sebesar 41,8%, ini bisa ditemukan melalui variabel lain seperti kepuasan pelanggan, kualitas produk, kepercayaan terhadap merek, pengalaman merek (brand experience). Hasil pengaruh 58,2% ini menjadi kesimpulan dari penelitian terkait pengaruh pesan kampanye #JadiBaruLagi terhadap Brand Image, di mana dalam pesan kampanye tersebut dimensi yang paling berpengaruh terdiri dari Message structure dan Message content.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Creators: | Adelia, Adelia (00000060214) |
Contributors: | Sutresna, Asep |
Keywords: | Le Minerale, #JadiBaruLagi, Pesan Kampanye, Citra Merek, Komunikasi Pemasaran |
Subjects: | 300 Social Sciences |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
Date Deposited: | 09 Sep 2025 11:04 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/40355 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |