Representasi Momfluencer dalam Media Sosial Tiktok (Analisis Semiotika Roland Barthes pada Akun @mamazoey, @dhannicha, dan @nandaarsyinta)

Marisa, Tesa (2025) Representasi Momfluencer dalam Media Sosial Tiktok (Analisis Semiotika Roland Barthes pada Akun @mamazoey, @dhannicha, dan @nandaarsyinta). Bachelor Thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (681kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (690kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (321kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (349kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (219kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (228kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB)

Abstract

Fenomena momfluencer di era digital menunjukkan bagaimana ibu muda memanfaatkan TikTok untuk menampilkan peran keibuan secara estetis dan komunikatif, serta membentuk citra sebagai figur ideal. Penelitian ini bertujuan menganalisis representasi momfluencer melalui tanda visual dan verbal dalam konten TikTok. Penelitian ini menggunakan konsep representasi dan pendekatan semiotika Roland Barthes dengan tiga lapisan makna: denotasi, konotasi, dan mitos. Metode yang digunakan adalah paradigma kritis dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Data diperoleh dari empat video TikTok milik @mamazoey dan @dhannicha, yang dianalisis berdasarkan elemen visual seperti ekspresi wajah, gaya berpakaian, aktivitas domestik, warna, caption, dan audio. Hasil menunjukkan bahwa simbol-simbol dalam konten membentuk mitos ibu sebagai supermom sosok yang mampu mengasuh anak, bekerja, dan tetap tampil sempurna. Media sosial menjadi ruang produksi makna yang memperkuat ekspektasi sosial terhadap perempuan. Penelitian ini merekomendasikan agar momfluencer dan industri lebih reflektif serta realistis dalam membangun representasi keibuan.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Creators: Marisa, Tesa (00000061068)
Contributors: Rizka Angelia, Chininta
Keywords: Generasi Z, Media sosial , momfluencer, representasi, semiotika
Subjects: 300 Social Sciences
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
Date Deposited: 10 Sep 2025 05:34
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/40406

Actions (login required)

View Item View Item