Konstruksi Realitas Sosial Anggota NCTzen dalam Menolak Kolaborasi NCT dan Starbucks melalui Tagar #SM_Boycott_Genocide di Platform X

Anindiza Rabbani, Salwa (2025) Konstruksi Realitas Sosial Anggota NCTzen dalam Menolak Kolaborasi NCT dan Starbucks melalui Tagar #SM_Boycott_Genocide di Platform X. Bachelor Thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (355kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (308kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (355kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (308kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (813kB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (211kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (208kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (832kB)
[img] Archive (ZIP)
CREATION_FILE.zip

Download (3MB)

Abstract

Musik K-pop adalah jenis budaya baru yang dilahirkan oleh Korean Wave yang berkembang pesat sejak akhir tahun 2000-an. NCT (Neo Culture Technology) adalah salah satu grup boyband terkenal di K-pop dengan basis penggemar yang signifikan di seluruh dunia. Menanggapi kolaborasi NCT dengan Starbucks, yang dianggap menunjukkan dukungan terhadap zionisme, fandom NCTzen, komunitas penggemar NCT sempat menyatakan penolakan terhadap grup melalui tagar #SM_BOYCOTT_GENOCIDE. Studi ini menganalisis bagaimana penggemar NCTzen menggunakan aktivisme digital untuk menunjukkan ketidaksetujuan. Teori Peter L. Berger dan Thomas Luckmann tentang konstruksi realitas sosial digunakan untuk menganalisis penelitian ini, yang dilakukan dengan pendekatan kualitatif dan metode studi kasus. Studi menunjukkan bahwa penggunaan tagar #SM_BOYCOTT_GENOCIDE yang dipelopori fanbase-fanbase NCT adalah cara untuk menyampaikan perlawanan melalui eksternalisasi di media sosial, terutama platform X. Kemudian, penolakan ini berkembang menjadi norma sosial (objektivasi) di komunitas fandom dan akhirnya diinternalisasi oleh penggemar sebagai bagian dari identitas kolektif mereka. Gerakan ini menunjukkan kesadaran sosial dan sikap kritis fandom dalam menangani masalah kemanusiaan secara global.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Creators: Anindiza Rabbani, Salwa (00000061421)
Contributors: Okta Wibowo, Tangguh
Keywords: aktivisme digital, boikot, fandom, korean wave, media sosial
Subjects: 300 Social Sciences
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
Date Deposited: 10 Sep 2025 05:37
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/40426

Actions (login required)

View Item View Item