Anindiza Rabbani, Salwa (2025) Konstruksi Realitas Sosial Anggota NCTzen dalam Menolak Kolaborasi NCT dan Starbucks melalui Tagar #SM_Boycott_Genocide di Platform X. Bachelor Thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
![]() |
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (355kB) |
![]() |
PDF
BAB_I.pdf Download (308kB) |
![]() |
PDF
BAB_II.pdf Download (355kB) |
![]() |
PDF
BAB_III.pdf Download (308kB) |
![]() |
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (813kB) |
![]() |
PDF
BAB_V.pdf Download (211kB) |
![]() |
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (208kB) |
![]() |
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (832kB) |
![]() |
Archive (ZIP)
CREATION_FILE.zip Download (3MB) |
Abstract
Musik K-pop adalah jenis budaya baru yang dilahirkan oleh Korean Wave yang berkembang pesat sejak akhir tahun 2000-an. NCT (Neo Culture Technology) adalah salah satu grup boyband terkenal di K-pop dengan basis penggemar yang signifikan di seluruh dunia. Menanggapi kolaborasi NCT dengan Starbucks, yang dianggap menunjukkan dukungan terhadap zionisme, fandom NCTzen, komunitas penggemar NCT sempat menyatakan penolakan terhadap grup melalui tagar #SM_BOYCOTT_GENOCIDE. Studi ini menganalisis bagaimana penggemar NCTzen menggunakan aktivisme digital untuk menunjukkan ketidaksetujuan. Teori Peter L. Berger dan Thomas Luckmann tentang konstruksi realitas sosial digunakan untuk menganalisis penelitian ini, yang dilakukan dengan pendekatan kualitatif dan metode studi kasus. Studi menunjukkan bahwa penggunaan tagar #SM_BOYCOTT_GENOCIDE yang dipelopori fanbase-fanbase NCT adalah cara untuk menyampaikan perlawanan melalui eksternalisasi di media sosial, terutama platform X. Kemudian, penolakan ini berkembang menjadi norma sosial (objektivasi) di komunitas fandom dan akhirnya diinternalisasi oleh penggemar sebagai bagian dari identitas kolektif mereka. Gerakan ini menunjukkan kesadaran sosial dan sikap kritis fandom dalam menangani masalah kemanusiaan secara global.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Creators: | Anindiza Rabbani, Salwa (00000061421) |
Contributors: | Okta Wibowo, Tangguh |
Keywords: | aktivisme digital, boikot, fandom, korean wave, media sosial |
Subjects: | 300 Social Sciences |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
Date Deposited: | 10 Sep 2025 05:37 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/40426 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |