Pengaruh Social Media Marketing terhadap Brand Loyalty melalui Customer Satisfaction pada Fitur Pembelian Tiket Transportasi di Aplikasi Tiket.com

Aimar Kuswara, Rachel (2024) Pengaruh Social Media Marketing terhadap Brand Loyalty melalui Customer Satisfaction pada Fitur Pembelian Tiket Transportasi di Aplikasi Tiket.com. Bachelor Thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (501kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (272kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (520kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (900kB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (125kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (192kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Percepatan pengembangan sektor pariwisata di Indonesia menunjukkan tren positif dan berperan penting dalam perekonomian nasional. Secara khusus, peningkatan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara dan domestik telah mencapai tingkat yang signifikan, sebagaimana ditunjukkan oleh data Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2019-2024. Situasi ini mendorong dilakukannya penelitian lebih mendalam mengenai faktor-faktor yang memengaruhi loyalitas merek dalam industri pariwisata, terutama melalui strategi pemasaran berbasis media sosial. Penelitian ini menggunakan teori- teori relevan, seperti peran kepuasan pelanggan dalam membentuk loyalitas merek, sebagai landasan teoretis (Al-Dmour et al., 2023). Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan skala Likert untuk mengukur variasi parameter yang diamati. Analisis data dilakukan menggunakan Structural Equation Modelling (SEM-PLS) dengan perangkat lunak SMARTPLS 4. Hipotesis utama penelitian ini adalah bahwa strategi pemasaran melalui media sosial dapat meningkatkan kepuasan pelanggan, yang pada akhirnya memperkuat loyalitas merek. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan signifikan antara strategi pemasaran melalui media sosial dan loyalitas merek, dengan kepuasan pelanggan sebagai mediator. Faktor-faktor seperti Advantageous Campaign, Relevant Content, Popular Content, Appearing on Various Platforms and Applications on Social Media memiliki pengaruh positif terhadap loyalitas merek, yang dimediasi oleh kepuasan pelanggan. Kebaruan penelitian ini terletak pada eksplorasi mendalam mengenai keterlibatan pelanggan sebagai elemen penghubung dalam strategi media sosial. Temuan ini memberikan wawasan penting bagi perusahaan di sektor pariwisata mengenai pentingnya strategi pemasaran melalui media sosial dalam meningkatkan kepuasan pelanggan dan loyalitas merek.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Creators: Aimar Kuswara, Rachel (00000061847)
Contributors: Theodora Ratna Primantina, Angelina (0313097403)
Keywords: Pemasaran Sosial Media, Loyalitas Merek, Konten, Kepuasan Pelanggan
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics)
Divisions: Faculty of Business > Management
Date Deposited: 10 Sep 2025 05:43
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/40460

Actions (login required)

View Item View Item