Aktivitas Pemasaran Media Sosial di Akun @enhypen.up dalam Membentuk Loyalitas Penggermar di Indonesia

Kaneishya, Rilla (2025) Aktivitas Pemasaran Media Sosial di Akun @enhypen.up dalam Membentuk Loyalitas Penggermar di Indonesia. Bachelor Thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (531kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (491kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (228kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (148kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (715kB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (115kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (188kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Fenomena Korean Wave yang semakin kuat di Indonesia telah mendorong terbentuknya komunitas penggemar K-pop yang aktif di media sosial, termasuk terbentuknya akun-akun fanbase di berbagai platform media sosial. Akun Instagram @enhypen.up sebagai salah satu fanbase terbesar ENHYPEN di Indonesia menjadi ruang digital dalam menghubungkan penggemar dengan idola. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana aktivitas pemasaran media sosial oleh akun Instagram @enhypen.up dalam membentuk loyalitas penggemar ENHYPEN di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis aktivitas konten dan komunikasi digital akun tersebut dalam membangun loyalitas pengikutnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas pemasaran dilakukan secara terstruktur melalui koordinasi tim, pemilihan gaya bahasa yang sesuai dengan karakteristik penggemar, validasi sumber konten, serta pemanfaatan fitur sosial media untuk interaksi digital. Aktivitas ini terbukti berkontribusi dalam membentuk loyalitas penggemar dalam tiga dimensi, yaitu loyalitas kognitif (percaya pada sumber), loyalitas emosional (rasa kedekatan), dan loyalitas perilaku (dukungan aktif).

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Creators: Kaneishya, Rilla (00000063602)
Contributors: Okta Wibowo, Tangguh
Keywords: aktivitas pemasaran, Korean Wave, loyalitas penggemar, interaksi digital, media sosial
Subjects: 300 Social Sciences
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
Date Deposited: 10 Sep 2025 06:54
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/40521

Actions (login required)

View Item View Item