Eksplorasi Hierarki Visual, Banner Blindness, dan Perhatian Selektif dalam Iklan Pencarian Tokopedia: Analisis Kualitatif Videografi Screencast

Cifran, Cifran (2024) Eksplorasi Hierarki Visual, Banner Blindness, dan Perhatian Selektif dalam Iklan Pencarian Tokopedia: Analisis Kualitatif Videografi Screencast. Master Thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (879kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (255kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (462kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (306kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (251kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (266kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (21MB)
[img] PDF
LETTER_OF_ACCEPTANCE.pdf

Download (514kB)

Abstract

Penelitian ini menyelidiki peran hierarki visual, banner blindness, dan perhatian selektif dalam membentuk interaksi pengguna dengan iklan pencarian di Tokopedia, salah satu platform e-commerce terkemuka di Indonesia. Seiring dengan berkembangnya iklan digital sebagai sumber pendapatan penting bagi Tokopedia, pemahaman tentang bagaimana pengguna berinteraksi dengan iklan pencarian sangat penting untuk meningkatkan efektivitas iklan dan pengalaman pengguna. Penelitian ini didasarkan pada ekonomi perilaku, yang menggabungkan wawasan psikologis dengan pengambilan keputusan ekonomi untuk menjelaskan bagaimana bias kognitif dan faktor emosional memengaruhi perilaku pengguna dalam lingkungan digital yang kompleks. Dengan menggunakan pendekatan screencast videography kualitatif, penelitian ini mengeksplorasi bagaimana elemen desain visual dan proses kognitif mempengaruhi perhatian pengguna dan pengambilan keputusan. Meskipun hierarki visual (misalnya, penggunaan kontras, ukuran, dan penempatan) memainkan peran penting dalam menarik perhatian, persepsi stimuli terbukti lebih dominan dalam mendorong keterlibatan pengguna. Banner blindness berasal dari proses penyaringan kognitif, di mana pengguna secara tidak sadar mengabaikan iklan yang dianggap tidak relevan. Selain itu, perhatian selektif mempengaruhi keputusan pembelian karena pengguna memprioritaskan iklan yang sesuai dengan tujuan atau preferensi mereka. Temuan ini menekankan pentingnya pendekatan holistik dalam desain iklan yang mencakup daya tarik emosional, relevansi kontekstual, dan elemen multi-indera. Rekomendasi untuk Tokopedia termasuk penggunaan format iklan yang dipersonalisasi dan adaptif untuk mengurangi beban kognitif dan meningkatkan relevansi iklan dengan niat pengguna. Penelitian ini memberikan kontribusi pada pemasaran digital dengan menerapkan ekonomi perilaku untuk mengoptimalkan iklan e-commerce. Penelitian lebih lanjut dapat memperluas temuan ini melalui studi lintas platform, pelacakan mata, dan neuro-imaging untuk mengeksplorasi dinamika perilaku iklan digital.

Item Type: Thesis (Master Thesis)
Creators: Cifran, Cifran (00000090357)
Contributors:
  1. Gunawan Hasan, Djohan
  2. Prettypal Singh, Rajesh
Keywords: ekonomi perilaku, hierarki visual, banner blindness, persepsi stimuli, iklan digital
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics)
Divisions: Faculty of Business > Master of Technology Management
Date Deposited: 10 Sep 2025 09:30
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/40639

Actions (login required)

View Item View Item