Nathania, Gisella (2024) Efektivitas Iklan Storytelling dan Resepsi Khalayak: Kajian pada Micro-Film Advertising Tokopedia Filosofi Pete di YouTube. Master Thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
![]() |
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (1MB) |
![]() |
PDF
BAB_I.pdf Download (557kB) |
![]() |
PDF
BAB_II.pdf Download (864kB) |
![]() |
PDF
BAB_III.pdf Download (715kB) |
![]() |
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
PDF
BAB_V.pdf Download (407kB) |
![]() |
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (589kB) |
![]() |
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (293kB) |
![]() |
PDF
LETTER_OF_ACCEPTANCE.pdf Download (251kB) |
Abstract
Pertumbuhan pesat teknologi digital telah memicu peningkatan frekuensi penyebaran pesan pemasaran. Akibatnya, masyarakat modern terpapar oleh begitu banyak iklan sehingga cenderung lebih kritis dalam menyaring informasi. Dalam konteks seperti ini, efektivitas iklan menjadi sangat krusial. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini untuk melihat tingkat efektivitas iklan dan posisi resepsi khalayak terhadap pesan iklan Filosofi Pete. Paradigma yang digunakan pada penelitian ini adalah pragmatisme. Penelitian ini menggunakan metode campuran (mix method) dengan pendekatan EPIC Model yaitu Empathy, Persuasion, Impact, dan Communication untuk kuantitatif dan teori resepsi Stuart Hall untuk data kualitatif. Data kuantitatif dikumpulkan melalui survei yang menggunakan teknik convenience sampling dengan melibatkan 154 responden sedangkan data kualitatif dikumpulkan dengan wawancara (encoding) dan Focus Group Discussion (FGD)(decoding). Penelitian ini menemukan bahwa skor rata-rata EPIC rate adalah 4,15, yang berarti iklan Tokopedia Filosofi Pete tergolong iklan yang efektif karena keempat dimensi mendapatkan nilai yang efektif hingga sangat efektif. Dan hasil dari FGD kepada lima informan didapatkan bahwa 3 dari 5 informan berada pada posisi dominan. Pemaknaan pesan iklan Filsofi Pete bergantung pada latar belakang dan pengalaman pribadi dengan brand yang diiklankan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa iklan yang efektif merupakan iklan yang dapat membuat audience merasa sisi emosional, mempengaruhi perubahan sikap, keyakinan hingga perilaku khalayak dan dapat menyampaikan pesan iklan yang relevan, dapat diterima dengan baik oleh khalayak dan mudah dipahami.
Item Type: | Thesis (Master Thesis) |
---|---|
Creators: | Nathania, Gisella (00000099121) |
Contributors: |
|
Keywords: | Efektivitas Iklan; EPIC Model; Resepsi; Storytelling; Tokopedia |
Subjects: | 300 Social Sciences |
Divisions: | Faculty of Communication > Master Communication Studies |
Date Deposited: | 10 Sep 2025 09:30 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/40643 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |