Validasi dan Perencanaan Bisnis Grombi: Strategi Pengelolaan Arus Kas pada Pencapaian Penjualan yang Tidak Sesuai dengan Rencana

Lie, Videlia (2025) Validasi dan Perencanaan Bisnis Grombi: Strategi Pengelolaan Arus Kas pada Pencapaian Penjualan yang Tidak Sesuai dengan Rencana. Bachelor Thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (5MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (794kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (2MB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (37MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (579kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Grombi merupakan usaha camilan berbasis umbi yang dikembangkan di tengah pertumbuhan industri makanan ringan yang pesat. Melalui rangkaian program kewirausahaan seperti Wirausaha Merdeka (WMK), inkubasi Skystar Ventures, dan Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW), bisnis ini menjalani proses validasi pasar yang mencakup riset konsumen, pengembangan produk, serta pengujian berbagai saluran distribusi melalui tenant kampus, sistem titip jual, bazar, dan event kewirausahaan. Kinerja operasional Grombi menunjukkan dinamika penjualan yang naik-turun akibat faktor kondisi kampus, performa bazar, dan volume konsumen. Namun, pada periode September­November 2025, Grombi mampu mencatatkan total omzet sebesar Rp29.996.000 dengan laba bersih sebesar Rp22.726.816. Capaian tersebut menunjukkan bahwa strategi multi point of sales mampu menjaga kinerja keuangan usaha meskipun realisasi penjualan tidak selalu sesuai dengan perencanaan awal. Analisis pengembangan usaha menunjukkan bahwa Grombi memiliki kesiapan untuk melakukan ekspansi dalam tiga tahun ke depan melalui penambahan titik penjualan, penguatan merek, serta profesionalisasi sistem operasional. Berdasarkan proyeksi pengembangan usaha, estimasi kebutuhan dana pengembangan sebesar Rp 250.000.000 yang dialokasikan untuk peningkatan kapasitas produksi, pengelolaan bahan baku, penambahan sumber daya manusia, dan kegiatan pemasaran guna mendukung keberlanjutan strategi multi point of sales. Pada aspek keuangan, pengelolaan arus kas menjadi dasar keberlanjutan operasional. Grombi menerapkan strategi arus kas yang berfokus pada efisiensi penggunaan dana dan pengendalian pengeluaran untuk menjaga likuiditas di tengah fluktuasi penjualan. Untuk tahun-tahun berikutnya, penguatan arus kas dilakukan dengan proyeksi yang menunjukkan pertumbuhan saldo kas, surplus yang konsisten, serta pencapaian BEP untuk mendukung ekspansi multi point of sales.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Creators: Lie, Videlia (00000067841)
Contributors: Prihanto, D Wim (0312126610)
Keywords: Grombi, Validasi Bisnis, Strategi multi point of sales, Pengelolaan arus kas
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics)
Divisions: Faculty of Business > Management
Date Deposited: 22 Dec 2025 08:02
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/42895

Actions (login required)

View Item View Item