Pengaruh Frekuensi Penggunaan Jenis Layanan dan Durasi Penggunaan E-Wallet terhadap Perilaku Konsumtif Generasi Z di Tangerang dengan Pendapatan sebagai Variabel Mediasi

Revananda, Arya (2025) Pengaruh Frekuensi Penggunaan Jenis Layanan dan Durasi Penggunaan E-Wallet terhadap Perilaku Konsumtif Generasi Z di Tangerang dengan Pendapatan sebagai Variabel Mediasi. Bachelor Thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (355kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (336kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (401kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (676kB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (126kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (128kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penggunaan e-wallet semakin berkembang pesat di kalangan Generasi Z dan telah menjadi bagian penting dari aktivitas keuangan sehari hari. Fenomena ini sejalan dengan upaya pemerintah dalam meningkatkan literasi dan inklusi keuangan digital sebagai bagian dari persiapan menuju visi Indonesia Emas 2045. Penelitian ini berfokus pada pengaruh frekuensi penggunaan, jenis layanan, dan durasi penggunaan e-wallet terhadap perilaku konsumtif Generasi Z di Tangerang dengan pendapatan sebagai variabel mediasi. Meskipun e-wallet menawarkan kemudahan transaksi, promo, dan fitur keuangan digital lainnya, berbagai temuan sebelumnya menunjukkan bahwa penggunaan intensif dapat berpengaruh pada pola konsumsi individu, terutama pada generasi muda yang dekat dengan teknologi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan menyebarkan kuesioner secara daring kepada 125 responden Generasi Z di Tangerang. Teknik sampling yang digunakan adalah probability sampling. Data dianalisis menggunakan metode PLS SEM dengan bantuan aplikasi SmartPLS 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa frekuensi penggunaan, jenis layanan, dan durasi penggunaan e-wallet memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan. Pendapatan juga terbukti berpengaruh positif terhadap perilaku konsumtif, sekaligus memediasi hubungan antara penggunaan e-wallet dan perilaku konsumtif. Temuan ini memberikan implikasi bagi penyedia e-wallet, pemerintah, serta institusi pendidikan untuk meningkatkan literasi keuangan digital agar Generasi Z dapat memanfaatkan layanan pembayaran digital dengan lebih bijak. Penelitian ini diharapkan dapat memperkaya literatur mengenai perilaku keuangan generasi muda serta memberikan gambaran praktis mengenai pengaruh penggunaan e-wallet terhadap pengelolaan pendapatan dan perilaku konsumtif di era digital.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Creators: Revananda, Arya (00000081130)
Contributors: Agus Prasetyo Endarto, Eko (0301087205)
Keywords: E-wallet, Frekuensi Penggunaan, Jenis Layanan, Durasi Penggunaan, Pendapatan, Perilaku Konsumtif, Generasi Z
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics)
Divisions: Faculty of Business > Management
Date Deposited: 22 Dec 2025 08:03
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/42900

Actions (login required)

View Item View Item