Pratiwi, Ayu (2018) Penggunaan Media Sosial Youtube Sebagai Perwujudan Presentasi Diri (Studi Kasus Vlogger Pada Kalangan Remaja Akhir). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Pada tahun 2005 Youtube hadir memberi nuansa baru dalam ranah blogging. Tren baru vlog (video blog) merupakan peralihan blog menjadi video yang diunggah di akun media sosial Youtube. Internet akrab dengan kelahiran mayoritas berusia 18- 24 tahun. Para ahli psikologi menggolongkan usia tersebut sebagai remaja lanjut. Vlog dilihat sebagai medium yang menjadi perantara individu melakukan presentasi diri dan mengelola kesan dirinya yang ditunjukkan kepada penonton Youtube. Oleh karena itu, peneliti berusaha mencari tahu lebih banyak tentang bagaimana presentasi diri vlogger dalam media sosial Youtube dan pengelolaan kesan yang remaja akhir tampilkan. Berbekal metode Studi Kasus Robert E. Stake, penelitian deskriptif dengan pendekatan secara kualitatif ini menggunakan teori Dramaturgi. Penelitian dilakukan dengan cara wawancara mendalam dan observasi terhadap ketiga remaja akhir yang seorang vlogger. Adapun hasil penelitian, panggung depan ketiga informan memilki karakteristik kesan yang berbeda. Sedangkan panggung belakang, secara keseluruhan memilki kesan yang sama, untuk melindungi panggung depannya. Dalam pengelolaan kesan yang ingin ditampilkan ketiga informan menggunakan empat jenis yang meliputi, to be liked, to hide faults, credibility strategies dan to be followed.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | youtube, vlog, presentasi diri |
Subjects: | 100 Philosophy and Psychology > 120 Epistemology > 126 The self (personal identity, personality, personal branding) 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.23 Media of Communication, Mass Media 300 Social Sciences > 380 Commerce, communications and transportation > 381 Commerce (Trade, Incl. Branding, Marketing and Warehousing) |
Divisions: | Faculty of Communication > Digital Journalism |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 25 Feb 2019 03:01 |
Last Modified: | 27 May 2022 05:24 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/5100 |
Actions (login required)
View Item |