Kristiadi, Monica Devi (2018) perbandingan tahap interest dalam e-commerce conversion funnel antara c2c dan b2c. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
|
Text
BAB III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (776kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (832kB) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN AWAL.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (703kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (716kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) | Preview |
Abstract
Meskipun jumlah usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia telah mencapai 60 juta, hanya 3,79 juta yang menggunakan e-commerce. Platform ecommerce yang digunakan oleh mayoritas UMKM berbasis consumer-to-consumer (C2C). Pertumbuhan e-commerce C2C yang pesat berakibat pada sulitnya produk untuk ditemukan oleh pengguna. Padahal, dapat ditemukan oleh pengguna adalah tahap pertama dalam e-commerce conversion funnel. Karena kurangnya kunjungan pada halaman detail produk, penjualan UKM menjadi rendah. Salah satu contohnya adalah Millenia yang menjual produk-produk fashion. Untuk memaksimalkan jumlah pengguna yang dapat dikonversi, perlu dilakukan beberapa kustomisasi termasuk hal teknis dari e-commerce. Sayangnya, platform C2C tidak menyediakan kustomisasi penuh. Kustomisasi penuh hanya dapat dilakukan dengan membuat ecommerce berbasis business-to-consumer (B2C). Penelitian ini akan berfokus pada tahap Interest dalam e-commerce conversion funnel dengan mengukur jumlah tampilan halaman produk detail setelah kustomisasi pada situs C2C dan B2C. Selanjutnya, diambil semua produk identik dari situs C2C dan B2C untuk dibandingkan kinerjanya selama 30 hari. Hasilnya, terdapat perbedaan parsial antara tahap Interest di situs C2C dan B2C. Jumlah ratarata tampilan halaman memang serupa (19,8 untuk B2C dan 18,05 untuk C2C), namun distribusi tampilan halaman detail produk di B2C lebih stabil dan merata. Ini dibuktikan oleh varians pada situs C2C lebih besar (398.9974) dibandingkan dengan situs B2C (14.27368). Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa kedua cara penyesuaian memberikan hasil akhir tahap Interest yang sama. Namun, jika ingin mendapatkan penyebaran tampilan pada halaman detail produk secara lebih merata, platform B2C adalah jawabannya.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Subjects: | 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.8 Mall, Shopping Center, E-Commerce |
Divisions: | Faculty of Engineering & Informatics > Information System |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 13 Feb 2019 08:26 |
Last Modified: | 18 Apr 2023 03:09 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/5244 |
Actions (login required)
View Item |