Satyanusa, Roy (2017) Pemaknaan Subjektif Vloggers Pada Aktivitas Vlogging Di Kalangan Pecinta Kereta Api Di Indonesia: Studi Fenomenologi Pada Jejaring Sosial Youtube. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Maraknya perkembangan internet di berbagai belahan dunia telah melahirkan sejumlah media dan jejaring sosial yang populer di kalangan masyarakat. YouTube menjadi salah satu media sosial terpopuler untuk mengunggah dan menonton video. Salah satu dampak dari YouTube adalah munculnya fenomena vlog atau vlogging yaitu video blogging, membuat blog personal/harian dengan media video dan melahirkan vloggers yang sudah banyak menampakan eksistensinya. Tak terkecuali dengan para pecinta dan penghobi kereta api di tanah air yang mulai menunjukkan gaungnya dengan membuat vlog bertema kereta api di YouTube. Makna yang ingin diciptakan oleh vloggers railfans tersebut melalui aktivitas vlognya tentu beragam. Makna yang terbangun tidak terlepas dari lingkungan mereka berada, interaksi yang dilakukan, serta pengalaman yang dialami. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui makna aktivitas vlogging yang dilakukan oleh para vloggers sekaligus pecinta kereta api di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Metode Fenomenologi dengan Pendekatan Deskriptif-Kualitatif. Data yang diperoleh berasal dari hasil wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumen. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa railfans-vloggers memaknai aktivitas vlogging mereka di YouTube sebagai suatu sarana untuk berbagi kebahagiaan dengan orang lain karena mereka merasa bahagia dengan kereta api dan ingin orang lain turut merasakan kebahagiaan tersebut dengan caranya masing-masing. Dari kelima informan, terlihat bahwa mereka mencintai kereta api dan rela mengabadikan momen kereta api yang melintas. Pemaknaan tersebut dikonstruksikan berdasarkan pengalaman bersama kereta api dan interaksi mereka yang sudah diperkenalkan dengan kereta api sejak dini oleh orang tua mereka masing-masing serta saat berinteraksi dengan sesama pecinta kereta api maupun subscriber mereka di YouTube.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Pemaknaan, YouTube, Vlog, Komunitas, Fenomenologi |
Subjects: | 100 Philosophy and Psychology > 120 Epistemology > 126 The self (personal identity, personality, personal branding) 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.24 Content of Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 04 Mar 2019 07:42 |
Last Modified: | 27 May 2022 05:58 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/5494 |
Actions (login required)
View Item |