Analisis pengaruh endorser credibility Cristiano ronaldo terhadap attitude toward advertising, attitude toward brand, dan purchase intention konsumen pada produk clear men shampoo: telaah pada komunitas akun facebook atau twitter penggemar Cristiano ronaldo di jabodetabek

Sulaiman, Calvin (2014) Analisis pengaruh endorser credibility Cristiano ronaldo terhadap attitude toward advertising, attitude toward brand, dan purchase intention konsumen pada produk clear men shampoo: telaah pada komunitas akun facebook atau twitter penggemar Cristiano ronaldo di jabodetabek. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (886kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (999kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (865kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (887kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Industri kreatif adalah industri yang berasal dari pemanfaatan sebuah kreatifitas, keahlian, keterampilan serta bakat-bakat seseorang (individu). Salah satu industri kreatif yang banyak dilakukan perusahaan-perusahaan sebagai strategi komunikasi kepada konsumen adalah periklanan melalui media televisi. Dunia periklanan dengan media televisi semakin berkembang dengan adanya strategi menggunakan selebriti untuk mendukung produk perusahaan atau yang dinamakan dengan celebrity endorsement. Pemilihan kredibilitas dari seorang selebriti menjadi suatu hal yang penting bagi setiap perusahaan agar dapat mendapatkan endorser yang sesuai dengan produk yang ingin diiklankan. Salah satu perusahaan besar yang telah menggunakan strategi celebrity endorsement adalah PT Unilever Indonesia. Salah satu produk unilever yang ingin dibahas dalam penelitian ini adalah produk Clear Men Shampoo yang diiklankan dengan menjadikan Cristiano Ronaldo sebagai bintang iklan Clear Men Shampoo untuk menarik konsumen yang merupakan penggemar dari Cristiano Ronaldo. Oleh karena itu, permasalahan dalam penelitian ini adalah ingin mengetahui apakah kredibilitas dari Cristiano Ronaldo seperti expertise, trustworthiness, dan attractiveness Cristiano Ronaldo dalam bermain sepakbola dapat mempengaruhi sikap konsumen terhadap iklan, merek, dan niat beli konsumen pada produk Clear Men Shampoo. Model teoritis penelitian dalam penelitian ini disampaikan dengan 8 hipotesis yang akan diuji dengan Structural Equation Model. Sampel pada penelitian ini adalah 108 responden yang merupakan anggota komunitas akun twitter atau facebook penggemar Cristiano Ronaldo, pernah melihat iklan Clear Men Shampoo versi Indonesia tahun 2014 yang dibintangi oleh Cristiano Ronaldo, dan tidak pernah membeli produk Clear Men Shampoo. Hasil analisis pada penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh trustworthiness Cristiano Ronaldo terhadap attitude toward advertising, lalu adanya pengaruh attitude toward advertising terhadap attitude toward brand, dan adanya pengaruh attitude toward brand terhadap purchase intention. Namun, expertise dan attractiveness Cristiano Ronaldo tidak memiliki pengaruh terhadap attitude toward advertising dan purchase intention.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 120 Epistemology > 126 The self (personal identity, personality, personal branding)
300 Social Sciences > 380 Commerce, communications and transportation > 381 Commerce (Trade, Incl. Branding, Marketing and Warehousing)
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 659 Advertising, Marketing and Public Relations
Divisions: Faculty of Business > Management
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 06 Jul 2017 02:57
Last Modified: 27 Jan 2023 05:51
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/573

Actions (login required)

View Item View Item