Engelrika, Engelrika
(2018)
Pola Komunikasi Di Media Online (Studi Netnografi Komunikasi Youth Proactive Di Media Facebook Dan Instagram).
Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Perkembangan internet menciptakan dua ruang di kehidupan masyarakat.
Ruang tersebut adalah ruang masyarakat nyata dan ruang masyarakat maya.
Komunitas menggunakan ruang maya untuk mengekspresikan minat, ide, dan
informasi yang berguna untuk anggotanya. Komunitas di media online memiliki
budaya, norma, dan aktivitas komunikasi yang berbeda dengan komunikasi di ruang
nyata. Setiap komunitas di media online memiliki pola komunikasi yang khas dan
unik yang membedakannya dengan komunitas lain. Tujuan penelitian ini adalah
untuk mengetahui pola komunikasi yang dilakukan Youth Proactive di media
online.
Penelitian ini menggunakan studi netnografi yang didasari oleh studi
etnografi. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan sifat deskriptif yang
didukung oleh metode netnografi. Objek penelitian ini adalah komunitas Youth
Proactive dan subjek penelitian ini adalah admin dari Youth Proactive serta anggota
dari Youth Proactive. Penelitian ini dilakukan dengan wawancara mendalam,
observasi, dan data arsip.
Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa tipe partisipan Youth Proactive
di media online Facebook memiliki tipe partisipan ‘minglers’ dan ‘orang dalam.
Sedangkan di media online Instagram, komunitas Youth Proactive memiliki tiep
partisipan ‘penggemar’ dan tipe ‘orang baru’. Pola komunikasi Youth Proactive
berorientasi pada konteks budaya tingkat tinggi. Komunitas berbudaya kolektivis
dengan mengedepankan toleransi dan berkomunikasi secara implisit. Anggota
komunitas memiliki status yang sejajar dan tidak ada aturan yang mengikat
komunitas. Kesejajaran antara anggota dan admin Youth Proactive menandakan
bahwa komunikasi yang dilakukan oleh komunitas Youth Proactive bersifat
horizontal. Kemudian komunitas Youth Proactive melakukan komunikasi secara
verbal dan non-verbal.
Actions (login required)
 |
View Item |