Prabu, Gabriella Giovanni (2018) Pengaruh Penggunaan Brand Endorser Terhadap Brand Awareness Dan Purchase Intention: Survei Pada Followers Cotton Ink Di Instagram. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh maraknya penggunaan brand endorser yang terjadi di sosial media. Strategi komunikasi pemasaran semakin berkembang, sehingga sekarang para pemasar tidak hanya membuat konten untuk beriklan di media konvensional, tetapi juga menggunakan pihak ketiga sebagai sarana berpromosi yang dinilai efektif untuk meningkatkan tujuan dari komunikasi pemasaran seperti brand awareness dan juga purchase intention. Penelitian kuantitatif ini berfokus pada pengaruh penggunaan brand endorser (X) terhadap brand awareness (Y1) dan purchase intention (Y2) Cotton Ink di media sosial Instagram dengan mengambil seluruh followers Instagram Cotton Ink sebagai populasi. Penelitian ini bersifat eksplanatif yang bertujuan untuk melihat adakah pengaruh dan seberapa besar pengaruh dari penggunaan brand endorser yan dilakukan oleh Cotton Ink terhadap brand awareness dan purchase intention para konsumen. Peneliti menggunakan metode survei dengan menyebarkan kuisioner kepada 400 followers Cotton Ink untuk mendapatkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antar variabel. Dalam hasil uji regresi sederhana, brand endorser menyumbangkan sebesar 43.5% untuk brand awareness. Sementara brand endorser menyumbangkan sebesar 43.8% untuk purchase intention. Hasil tersebut membuktikan bahwa brand endorser dapat membantu para pemasar untuk meningkatkan tujuan dari komunikasi pemasarannya seperti brand awareness dan purchase intention.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Brand Endorser, Brand Awareness, Purchase Intention, Cotton Ink, Instagram |
Subjects: | 100 Philosophy and Psychology > 120 Epistemology > 126 The self (personal identity, personality, personal branding) 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.24 Content of Communication 300 Social Sciences > 380 Commerce, communications and transportation > 381 Commerce (Trade, Incl. Branding, Marketing and Warehousing) |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 13 Jun 2019 07:54 |
Last Modified: | 21 Nov 2024 02:19 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/5898 |
Actions (login required)
View Item |