Pengaruh Program “Elevenia Seller Zone” Dalam Meningkatkan Brand Awareness Elevenia (Survei Pada Umkm Di Mall Wtc Matahari Serpong)

Claudia, Verizca (2018) Pengaruh Program “Elevenia Seller Zone” Dalam Meningkatkan Brand Awareness Elevenia (Survei Pada Umkm Di Mall Wtc Matahari Serpong). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (989kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (951kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (824kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (830kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB)

Abstract

Melalui situs jual beli online, pola belanja di masyarakat khususnya pengguna internet mulai berubah. Melihat fenomena e-commerce sekarang ini, maka yang dapat disimpulkan adalah kegiatan berbelanja akan berangsur semakin praktis, dapat dilakukan kapan dan di manapun. Ada perubahan yang signifikan dalam pola belanja masyarakat beberapa tahun kedepan jika pola e-commerce seperti terus melakukan penyesuaian ke arah yang lebih strategis. Hal ini diiringi dengan semakin besarnya penurunan penjualan pada para pelaku bisnis baik dalam usaha kecil hingga besar dengan berbagai jumlah penurunan penjualan khususnya para pedagang konvensional (non-online) atau UMKM (usaha kecil menengah). Dalam penelitian ini, dibahas tentang program dari salah satu e-marketplace yaitu Elevenia dengan nama “Elevenia Seller Zone” yang merupakan pusat layanan guna mendukung aktivitas seller dalam berjualan di Elevenia. Seller Zone memiliki berbagai fasilitas penunjang seperti studio foto dan kelas training yang dapat diikuti oleh para seller. Namun masih terdapat beberapa pedagang konvensional atau pelaku UMKM yang belum aware terhadap maraknya perkembangan e-commerce maupun marketplace. Mereka cenderung masih menggunakan cara konvensional yaitu berjualan langsung dengan hanya melalui toko fisik saja. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan sifat eksplanatif dan dilakukan pada 70 UMKM di Mall WTC Matahari dengan kategori yang telah ditetapkan. Sebagai hasilnya, ditarik kesimpulan bahwa tujuan dan ciri-ciri program marketing communication yang baik memiliki 3 kriteria atau dimensi yaitu menggunakan seluruh bentuk kontak yang menjadi pemberi pengaruh terbesar yakni 46% dalam mempengaruhi brand awareness. Kedua, dapat menciptakan & meningkatkan brand awareness yang memberikan pengaruh sebesar 10,6%. Terakhir, berawal dari pelanggan dan calon pelanggan menjadi kontributor ketiga untuk meningkatkan brand awareness dengan memberi pengaruh sebesar 4,1%.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: program komunikasi pemasaran, kesadaran merek, UMKM (usaha mikro, kecil, dan menengah).
Subjects: 300 Social Sciences > 380 Commerce, communications and transportation > 381 Commerce (Trade, Incl. Branding, Marketing and Warehousing)
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.4 Executive Management > 658.401 Planning and Strategic Management
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.8 Mall, Shopping Center, E-Commerce > 658.87 Retail Channel > 658.872 Brand, Branding
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 29 Apr 2019 01:45
Last Modified: 11 Apr 2023 03:06
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/6209

Actions (login required)

View Item View Item