Veronica, Veronica (2018) Analisis Pemanfaatan Tools Digital Pr Dalam Aktivitas Digital Brand Activation Cewekbanget.Id Setelah Rebranding Dari Majalah Kawanku (Periode: Januari – Desember 2017). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Perubahan pola konsumsi media di zaman serba digital sekarang ini membuat banyak media berbondong-bondong melakukan transformasi, termasuk unit media Kompas Gramedia Majalah yakni KaWanku Magazine yang bertransformasi sekaligus rebranding menjadi media online Cewekbanget.id. Proses ini diikuti dengan aktivitas digital brand activation. Penelitian pun difokuskan pada proses tersebut dengan tujuan untuk mengetahui tools digital PR yang dimanfaatkan, strategi pemanfaatan tools digital PR, serta tools digital PR paling kontributif. Metode penelitian studi kasus yang diterapkan bersifat deksriptif dengan jenis data kualitatif. Dalam pengumpulan datanya dilakukan dengan cara studi literatur, dan wawancara mendalam terhadap redaktur pelaksana, brand communication manajer, marketing communication staff, serta pihak pembaca (loyal and new readers). Hasil penelitian didapat bahwa aktivitas digital brand activation Cewekbanget.id memanfaatkan sebelas tools digital PR, antara lain web/situs, blog, aplikasi pesan instan/chat, layanan jejaring sosial Facebook, layanan jejaring sosial Instagram, video sharing Youtube, konferensi online Facebook dan Instagram Live, mikroblog Twitter, game/permainan, survei online Google Form, surel/email, internet mobile, dan new media release. Strategi pemanfaatan yang dipakai adalah optimalisasi masing-masing tools digital PR dengan tahapan riset-eksekusievaluasi, hingga ditemukan tools digital PR paling kontributif yaitu web/situs, layanan jejaring sosial Instagram, dan aplikasi tukar pesan instan Line.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | online PR, digital brand activation, cyberbranding, tools digital PR |
Subjects: | 100 Philosophy and Psychology > 120 Epistemology > 126 The self (personal identity, personality, personal branding) 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.4 Executive Management > 658.401 Planning and Strategic Management 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.8 Mall, Shopping Center, E-Commerce > 658.87 Retail Channel > 658.872 Brand, Branding |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 29 Apr 2019 01:44 |
Last Modified: | 11 Apr 2023 05:31 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/6210 |
Actions (login required)
View Item |