Ongky, Ongky (2018) Analisis pengaruh personal innovativeness trait terhadap perceived usefulness dan perceived ease of use serta implikasinya pada intention to use mobile commerce pada Aplikasi Goers. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Perkembangan era digital yang semakin berkembang, membuat para pemain bisnis konvensional melakukan transisi dengan mulai mengikuti perkembangan digital dengan memasuki bisnis online dimana munculnya berbagai situs e-commerce yang memudahkan konsumen untuk membeli barang melalui online. Peningkatan smartphone diprediksi akan mengubah tren jual beli online yang tadinya ecommerce menjadi m-commerce dimana dalam hal ini dimanfaatkan oleh Goers dengan membuat aplikasi di mobile. Selain itu Menurut Badan Pusat Statistik (BPS) terlihat adanya perubahan pola gaya hidup leisure dan non-leisure yang berbanding secara terbalik dimana dalam hal ini tren konsumsi telah mengalami perubahan yang tadinya konsumsi untuk belanja kebutuhan (non-leisure) menjadi belanja yang digunakan untuk mengisi waktu luang seperti hotel dan tempat rekreasi (leisure activities) (Ghaliya, 2017). Oleh karena itu, penelitian ini akan membahas apakah faktor-faktor seperti personal innovativeness trait, perceived usefulness, perceived ease of use, trust dapat mempengaruhi intention to use pada aplikasi Goers. Penelitian ini menggunakan descriptive research design dengan metode non-probability sampling dan menggunakan teknik judgmental sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dari 252 responden yang merupakan individu yang akan segera mencoba teknologi baru dari pada orang lain, pernah melakukan pembelian tiket secara online dalam kurun waktu 3 bulan terakhir, telah melakukan pencarian terkait dengan kegiatan event dalam kurun waktu 3 bulan terkahir, telah mengetahui aplikasi Goers, telah mencoba aplikasi Goers, dan belum pernah melakukan pembelian tiket event di aplikasi Goers. Data yang telah diperoleh kemudian diolah menggunakan structural equation modeling (SEM). Hasil temuan dalam penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif antara perceived usefulness dengan intention to use, personal innovativeness trait dengan perceived usefulness dan perceived ease of use, serta trust dengan intention to use.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.5 Application / Software 300 Social Sciences > 380 Commerce, communications and transportation > 381 Commerce (Trade, Incl. Branding, Marketing and Warehousing) 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 659 Advertising, Marketing and Public Relations |
Divisions: | Faculty of Business > Management |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 23 Apr 2019 02:50 |
Last Modified: | 20 Jan 2023 01:11 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/6451 |
Actions (login required)
View Item |