Veronika, Berlianna (2015) Strategi komunikasi internal kompas gramedia dalam membentuk employee branding. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena pentingnya komunikasi internal dalam membentuk employee branding. Banyaknya unit bisnis atau unit usaha yang beragam, terkadang perusahaan memiliki beragam identitas atau citra. Sehingga dampak yang terjadi bisa saja beberapa unit bisnis yang menjadi fokus utama perusahaan akan lebih dominan sedangkan unit bisnis lainnya tidak terlalu terkenal. Oleh karena itu pentingnya sebuah organisasi atau perusahaan melakukan komunikasi internal yang intens terkait penanaman visi, misi, dan nilai kepada seluruh karyawan. Dengan adanya komunikasi dan pemahaman yang baik dibenak karyawan, harapannya citra yang ditampilkan oleh karyawan akan selaras dengan citra yang diinginkan oleh perusahaan. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini antara lain: Corporate Communication, Komunikasi Internal, dan Employee Branding. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi internal Kompas Gramedia dalam membentuk employee branding. Paradigma yang digunakan adalah post-positivis, dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus, teknik pengumpulan data adalah dengan wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumen serta dikuatkan dengan triangulasi sumber, teknis analisis data dengan menggunakan reduksi, model data dan penarikan kesimpulan, dan fokus penelitian pada A Conceptualization of The Employee Branding Process. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi internal Kompas Gramedia dalam membentuk employee branding adalah menanamkan visi, misi, dan nilai perusahaan kepada seluruh karyawan melalui program internalisasi employee value proposition (EVP) Kompas Gramedia yang didukung dan diimplementasikan dalam berbagai kegiatan serta aktivitas. Saat ini belum ada ukuran tertentu yang memastikan dan membuktikan sejauh mana employee branding baik perilaku dan citra karyawan yang telah sesuai dengan value Kompas Gramedia. Akan tetapi pada tahun 2015, setiap unit bisnis Kompas Gramedia akan diidentifikasi oleh satu EVP yang paling dominan dan EVP tersebut akan menjadi karakter unit serta karakter karyawan dalam unit tersebut.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Subjects: | 100 Philosophy and Psychology > 120 Epistemology > 126 The self (personal identity, personality, personal branding) 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.24 Content of Communication 300 Social Sciences > 340 Law > 344 Labor, Social Service, Public Health, Safety Measures |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 12 Jul 2017 03:52 |
Last Modified: | 27 May 2022 06:13 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/706 |
Actions (login required)
View Item |