Jonathan, Jonathan (2018) perancangan environment 3d dalam permainan digital epic historical fps “the messenger”. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Video games adalah salah satu media yang cukup diminati sehingga memiliki dampak yang signifikan dalam distribusi informasi baik secara eksplisit maupun implisit. Dapat dipahami juga bahwa Video games adalah media yang cukup efektif dalam menyampaikan informasi sejarah. Salah satu tolak ukur relevansi unsur sejarah dalam game adalah environment yang ada di dalamnya. Tema yang diangkat dalam tulisan ini adalah mengenai perancangan environment video games yang menceritakan ulang kisah heroik dari Jenderal Soedirman. Video games ini akan dikemas dengan genre Action-First-Person Shooter dengan visual 3 dimensi (3D). Semua environment yang terdapat dalam game diriset terlebih dahulu berdasarkan fakta sejarah yang ada dengan berbagai penyesuaian tertentu. Riset terbagi dalam 2 tahap yaitu observasi dan studi referensi. Lalu perancangan environment yang dibahas dalam tugas akhir ini terbagi dalam 4 tahap, yaitu 3D Modelling, Retopology, Unwrap UVW dan Texturing. Seluruh asset dari environment disatukan (compile) sesuai dengan prinsip game design yang ada dan di analisa sebagai kesatuan dalam sebuah game. Dengan adanya game ini, diharapkan bahwa permainan digital ini dapat dengan baik menyampaikan informasi sejarah serta visualisasinya dengan baik, sehingga dapat menjadi media edukasi yang ideal.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 006 Special Computer Methods |
Divisions: | Faculty of Art & Design > Visual Communication Design |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 11 Nov 2019 04:24 |
Last Modified: | 02 May 2023 07:44 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/7799 |
Actions (login required)
View Item |