perancangan environment 3d dalam permainan digital epic historical fps “the messenger”

Jonathan, Jonathan (2018) perancangan environment 3d dalam permainan digital epic historical fps “the messenger”. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
bab v.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (714kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (938kB) | Preview
[img] Text
bab iv.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img] Text
lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
halaman awal.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
bab i.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (945kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab ii.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab iii.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Video games adalah salah satu media yang cukup diminati sehingga memiliki dampak yang signifikan dalam distribusi informasi baik secara eksplisit maupun implisit. Dapat dipahami juga bahwa Video games adalah media yang cukup efektif dalam menyampaikan informasi sejarah. Salah satu tolak ukur relevansi unsur sejarah dalam game adalah environment yang ada di dalamnya. Tema yang diangkat dalam tulisan ini adalah mengenai perancangan environment video games yang menceritakan ulang kisah heroik dari Jenderal Soedirman. Video games ini akan dikemas dengan genre Action-First-Person Shooter dengan visual 3 dimensi (3D). Semua environment yang terdapat dalam game diriset terlebih dahulu berdasarkan fakta sejarah yang ada dengan berbagai penyesuaian tertentu. Riset terbagi dalam 2 tahap yaitu observasi dan studi referensi. Lalu perancangan environment yang dibahas dalam tugas akhir ini terbagi dalam 4 tahap, yaitu 3D Modelling, Retopology, Unwrap UVW dan Texturing. Seluruh asset dari environment disatukan (compile) sesuai dengan prinsip game design yang ada dan di analisa sebagai kesatuan dalam sebuah game. Dengan adanya game ini, diharapkan bahwa permainan digital ini dapat dengan baik menyampaikan informasi sejarah serta visualisasinya dengan baik, sehingga dapat menjadi media edukasi yang ideal.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 006 Special Computer Methods
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 11 Nov 2019 04:24
Last Modified: 02 May 2023 07:44
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/7799

Actions (login required)

View Item View Item