Natashia, Maria (2015) Personal branding melalui media sosial instagram (studi kasus pevita pearce sebagai fashionpreneur). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Menghadapi persaingan ketat di setiap bidang pekerjaan termasuk di dunia hiburan, membuat setiap pribadi harus mampu membangun diri sebagai brand dengan melakukan kegiatan Personal Branding. Di sisi lain, perkembangan internet dan kehadiran media sosial telah membuat pola komunikasi masyarakat mengalami perubahan. Perubahan pola komunikasi yang terjadi turut mempengaruhi kegiatan Personal Branding yang dilakukan para selebriti di Indonesia untuk membedakan diri dari selebriti lainnya. Pevita Pearce merupakan salah satu selebriti yang memanfaatkan media sosial khususnya Instagram untuk mengkomunikasikan Personal Brand-nya sebagai seorang FashionPreneur disamping sebagai pemain film. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembentukan Personal Brand Pevita Pearce sebagai FashionPreneur serta langkah-langkah Online Personal Branding yang dilakukan melalui media sosial Instagram. Untuk itu, penelitian ini menggunakan model Online Personal Branding serta Twelve Steps of Online Personal Branding dari Ryan Frischmann. Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi kasus. Data diperoleh peneliti melalui wawancara mendalam subjek penelitian. Dari hasil penelitian dapat dipahami bahwa dalam proses pembentukan Personal Brand sebagai FashionPreneur, elemen Aura memiliki peranan paling dominan karena melalui gaya dan penampilan, Pevita mampu mengkomunikasikan konsep diri ke hadapan publik. Sementara dalam melakukan Personal Branding, ada beberapa langkah yang ditempuh Pevita yakni diawali dengan proses memahami diri dan kemampuan yang dimiliki, mengidentifikasi target audiens dan kompetitor, membangun saluran komunikasi yang ingin digunakan, mengkomunikasikan kemampuan, menganalisa umpan balik, melakukan perkembangan diri, memenuhi ekspektasi publik hingga senantiasa mengikuti perkembangan teknologi
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Subjects: | 100 Philosophy and Psychology > 120 Epistemology > 126 The self (personal identity, personality, personal branding) 300 Social Sciences > 380 Commerce, communications and transportation > 381 Commerce (Trade, Incl. Branding, Marketing and Warehousing) 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 659 Advertising, Marketing and Public Relations |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 13 Jul 2017 08:34 |
Last Modified: | 27 May 2022 05:22 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/847 |
Actions (login required)
View Item |