Rancang Bangun Aplikasi Game-Based Learning tentang Pembelajaran Algoritma (Studi Kasus: Universitas Multimedia Nusantara)

Cuandi, Ricky (2019) Rancang Bangun Aplikasi Game-Based Learning tentang Pembelajaran Algoritma (Studi Kasus: Universitas Multimedia Nusantara). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (720kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (835kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (717kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Algoritma memiliki sebuah sifat penting yang terdiri dari rangkaian aturan terbatas yang bersifat tidak ambigu dan sederhana untuk diikuti. Dalam perkembangan ilmu komputer, algoritma dapat membantu melakukan tugas yang sederhana sampai kompleks yang dapat membantu manusia. Algoritma juga sudah menjadi salah satu kurikulum inti pada program studi Informatika berdasarkan Asosiasi Perguruan Tinggi Informatika dan Komputer. Saat ini pada Universitas Multimedia Nusantara, faktor minat belajar tentang algoritma masih minim. Penggunaan konsep game-based learning merupakan salah satu metode pembelajaran yang dapat memberikan informasi kepada pemain sekaligus bermain permainan yang seru. Tujuan dari game-based learning adalah memberikan informasi dari bermain game dan mengaplikasikannya ke dunia nyata. Jika diaplikasikan dengan baik, game-based learning dapat mengajarkan pemain secara lebih efektif. Hal ini dikatakan sudah terbukti dari penelitian yang sudah ada sebelumnya. Berdasarkan pernyataan di atas, akan dirancang dan dibangun sebuah aplikasi game-based learning tentang pembelajaran algoritma untuk mahasiswa Informatika. Pembangunan aplikasi akan dibangun menggunakan Unity dengan aplikasi versi dekstop. Pengujian akan dilakukan dengan cara HMSAM (Hedonic Motivation System Adoption Model) dan Pretest- Posttest. Setelah dilakukan pengujian dapat disimpulkan responden menerima aplikasi dengan Behavioral Intention to Use sebesar 84.12% dan tingkat Immersion sebesar 83.01%. Aplikasi ini juga terbukti lebih efektif dibanding belajar sendiri dengan perbedaan sebesar 6.67% lebih tinggi dibanding belajar sendiri.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Algoritma, Game-Based Learning, HMSAM, Pretest-Posttest, Unity
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.2 Programming for Specific Computers, Algorithm, HTML, PHP, java, C++
000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.5 Application / Software
700 Arts and Recreation > 790 Outline of Sports, Games and Entertainment
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Informatics
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 04 Dec 2019 03:22
Last Modified: 23 Aug 2023 23:54
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/10984

Actions (login required)

View Item View Item