Perancangan Ulang Aplikasi Sukabumi Participatory Responder (SUPER) dI Kota Sukabumi

Jiehan Geraldine, Shania (2021) Perancangan Ulang Aplikasi Sukabumi Participatory Responder (SUPER) dI Kota Sukabumi. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (12kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Infrastruktur sangatlah penting bagi pembangunan sebuah kota. Hal ini dikarenakan infrastruktur merupakan roda pembangun dari ekonomi dan kesejahteraan di kota tersebut. Namun, hal ini masih luput dari perhatian pemerintah, terutama dengan fasilitas yang sudah tersedia/ada sebelumnya. Partisipasi masyarakat setempat sangat diperlukan, khususnya dalam melaporkan keadaan infrastruktur yang bermasalah. Tetapi, masih saja banyak masyarakat yang tidak mengetahui kemana harus melapor dan tidak tahu kabar selanjutnya dari laporannya tersebut. Adanya perancangan ulang aplikasi layanan pengaduan masalah ini agar dapat lebih efektif digunakan masyarakat, khususnya warga Kota Sukabumi, dalam memberikan keluhan dan tanggapan kepada pemerintah mengenai keadaan infrastruktur yang ada di lingkungan sekitar. Dalam perancangan, metode yang menggunakan adalah metode Human Centered Design yang dikembangkan oleh IDEO. Diharapkan melalui aplikasi ini, masyarakat di Kota Sukabumi dapat lebih peduli dengan keadaan sekitar, khususnya keadaan infrastrukturnya, dengan cara melapor kepada pemerintah setempat secara real- time dan dapat mengetahui progres dari laporan tersebut dengan mudah.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: aplikasi, service design, pemerintah, pengaduan masyarakat, infrastruktur
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.5 Application / Software
700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 10 Oct 2022 04:02
Last Modified: 25 Sep 2023 00:38
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/17930

Actions (login required)

View Item View Item