Kisah di Balik Jeruji: Hak Wargabinaan Wanita Merawat Anak di dalam Lembaga Pemasyarakatan

Suci Safitri, Indah (2022) Kisah di Balik Jeruji: Hak Wargabinaan Wanita Merawat Anak di dalam Lembaga Pemasyarakatan. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (430kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (416kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (196kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (669kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (376kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Sepanjang tahun 2000 hingga 2021 tingkat populasi penjara perempuan anak sebagai warga binaan mengalami peningkatan enam kali lipat. Dalam beberapa dekade telah terjadi peningkatan narapidana yang dipenjara secara global, sehingga pemerintah perlu memerhatikan hak warga binaan perempuan di dalam Lembaga Pemasyarakatan terutama warga binaan yang merawat anak di dalam Lembaga Pemasyarakatan. Indonesia menepati urutan ke delapan sebagai jumlah tahanan terbanyak di dunia. Namun dari 214 negara, tahanan wanita Indonesia berada di peringkat ke- 65 sebagai jumlah tahanan terbanyak di dunia. Penulis melihat nilai berita berupa human interest, berdampak, dan konflik sehingga hadir podcast yang berjudul Kisah Di Balik Jeruji: Hak Warga binaan Wanita Merawat Anak Di Dalam Lembaga Pemasyarakatan memiliki durasi tayang sepuluh hingga lima belas menit setiap episode dan jumlah keseluruhan enam segmen. Podcast ini sebagai sarana edukasi untuk mengetahui hak warga binaan wanita yang merawat anak selama di dalam Lembaga Pemasyarakatan, topik yang diangkat setiap episode berbeda tetapi akan berbicara mengenai perjalanan sebelum berada di penjara, proses hukum yang dilalui, dan menjalani keseharian sebagai warga binaan. Melalui penyampaian informasi storytelling yang faktual dan tetap menarik dipilih untuk memabangun suasana melalui pemilihan latar suara dan latar musik atau dialog dengan narasumber. Kisah Di Balik Jeruji melalui program hak warga binaan wanita yang merawat anak di lapas berhasil mewawancarai tiga warga binaan di lokasi Lembaga Pemasyarakatan Pondok Bambu dan Lembaga Pemasyarakatan Pangkal Pinang serta dipublikasi pada platform Spotify serta mendapatkan jumlah pendengar melebihi target awal.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: warga binaan wanita, audio program, podcast Klaster: programing-based project
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 006 Special Computer Methods > 006.5 Digital Audio
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2022 03:15
Last Modified: 20 Jun 2023 02:33
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/21607

Actions (login required)

View Item View Item