Pengaruh Tingkat Pemahaman Newsgame dan Berita Audio Visual terhadap Sikap Partisipasi Generasi Z di Jakarta dalam Menanggapi Isu Sampah Plastik

Arshirena Hosana, Andrea (2022) Pengaruh Tingkat Pemahaman Newsgame dan Berita Audio Visual terhadap Sikap Partisipasi Generasi Z di Jakarta dalam Menanggapi Isu Sampah Plastik. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (481kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (370kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (437kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (223kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (775kB)

Abstract

Permasalahan lingkungan hidup yang mulai menunjukkan peningkatan yang signifikan adalah masalah penggunaan sampah plastik sekali pakai yang dapat menimbulkan penumpukan limbah sampah plastik. Untuk mengatasi masalah ini pemerintah mengeluarkan kebijakan yang melarang masyarakat menggunakan sampah plastik. Sesuai fungsinya, media menjadi salah satu wadah dari untuk menginformasikan kebijakan ini serta mengedukasi masyarakat melalui berita yang disajikan. Penelitian ini melihat bagaimana pengaruh dari pemahaman masyarakat terhadap berita newsgame dan berita audio visual yang dinilai bersifat persuasif dari format berita lainnya. Penelitian ini menggunakan pendekeatan kuantitatif eksperimen dan menggunakan teori S-O-R. Responden dalam penelitian ini adalah generasi Z yang akrab dengan teknologi dan berperan aktif sebagai pengguna internet. Peneliti mengumpulkan 100 responden yang dibagi ke dalam dua kelompok berjumlah 50 puluh orang untuk kelompok berita newsgame dan berita audio visual. Hasil penelitianini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dari pemahaman berita newsgame dan audio visual terhadap sikap partisipasi masyarakat dalam menanggapi isu sampah plastik. Melalui hasil uji regresi 46,2% partisipasi masyarakat dalam menghahapi isu sampah plastik di Jakarta dipengaruhi oleh tingkat pemahaman newsgame dan sisanya dari faktor lain. Sementara itu, 61,3% partisipasi masyaralat dalam menanggapi isu sampah plastik dipengaruhi oleh tingkat pemahaman berita audio visual.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: newsgame, teori S-O-R, partisipasi masyarakat, berita audio visual, generasi Z.
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 070 News Media, Journalism and Publishing > 070 News, mass media, journalism, and publishing
300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction
700 Arts and Recreation > 790 Outline of Sports, Games and Entertainment
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2022 03:22
Last Modified: 14 Jun 2023 01:40
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/21654

Actions (login required)

View Item View Item