Peran Quality Assurance dalam Aplikasi Aman Berbasis Website dan Mobile pada PT. Insurtech Technologies Indonesia

Louis, Alexandro Afredo (2022) Peran Quality Assurance dalam Aplikasi Aman Berbasis Website dan Mobile pada PT. Insurtech Technologies Indonesia. Internship thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (370kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (993kB)

Abstract

PT Insurtech Technologies Indonesia (Aman) merupakan salah satu startup teknologi modern yang berdiri pada tahun 2020 yang menyediakan layanan dalam mengatur dan mengelola tunjangan serta menyederhanakan kompleksitas administrasi tunjangan karyawan bagi perusahaan yang sedang berkembang (perusahaan kecil hingga menengah). Program kerja magang yang disediakan oleh PT Insurtech Technologies Indonesia adalah sebagai Quality Assurance. Pembukaan kerja magang ini dilakukan karena perusahaan yang memiliki kekurangan tenaga kerja pada bagian ini, yang sebelumnya hanya 1 tenaga kerja yang diharapkan dapat mendukung software product dapat dilakukan pengecekan (testing) bug and errors sebelum diproduksi kepada user dapat lebih maksimal dengan beberapa tenaga kerja. Quality Assurance sendiri dalam melakukan pekerjaannya perlu memahami fitur baru yang akan dikembangkan oleh Software Developers nantinya. Setelah memahami kondisi terhadap pengembangan fitur baru tersebut, quality assurance akan melakukan uji coba dan pengetesan sesuai dengan spesifikasi test case yang telah dibuat berdasarkan product requirement document yang dibuat oleh Project Manager. Pelaporan dan validasi ulang terhadap bug and errors akan dilakukan jika terjadi melalui tools yang digunakan yaitu JIRA. JIRA sendiri merupakan tools atau aplikasi yang digunakan untuk pelaporan bugs and errors serta sebuah alat untuk melakukan manajemen suatu proyek. Kerja magang dilakukan kurang lebih selama 3 bulan atau 40 hari kerja. Selama dilakukan program kerja magang mahasiswa mendapatkan banyak pengalaman dan ilmu pengetahuan baru dari lingkungan kerja. Tidak hanya pengalaman, kemampuan soft skill seperti berpikir kreatif, kerja sama, menganalisis informasi dan beradaptasi dengan lingkungan juga meningkat. Pengalaman baru seperti terjun secara langsung dalam dunia kerja melakukan uji coba terhadap fitur-fitur yang dikembangkan dalam aplikasi dan website Aman. Sehingga pengalaman tersebut dapat berkembang karena bertemu dengan orang- orang yang telah terlebih dahulu terjun pada dunia kerja.

Item Type: Thesis (Internship)
Keywords: Aman, Quality Assurance, Software Product, Soft Skill, Testing
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.5 Application / Software
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Information System
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2022 08:43
Last Modified: 18 Jul 2023 07:07
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/22691

Actions (login required)

View Item View Item